Spotify Link Shortener: Cara Bikin Link Spotify Kamu Enak Dilihat

Cerdaskan.comSpotify Link Shortener bisa dikatakan sebagai cara untuk meringkas link spotify yang terlalu panjang menjadi link pendek. Spotify sebagai salah satu platform musik terbaik kiranya semakin banyak saja penggunanya. Terlepas dari alasan atau tujuannya, membagikan link di spotify pun kiranya menjadi kegiatan yang biasa.

Namun, tak jarang ditemui, pembagi link malah merasa terganggu dengan link yang teramat panjang. Bahkan bisa memakan dua baris lebih di layar ponsel. Inilah yang kemudian menyebabkan link menjadi tidak menarik, bukan hanya untuk diklik, tapi juga untuk dilihat.

Tapi jangan khawatir, saat ini banyak sekali aplikasi dan situs yang bisa dimanfaatkan untuk meringkas link. Link sepanjang apa pun bisa dibuat menjadi sangat pendek, tanpa mengalihkan tujuan dari link tersebut.

Spotify Link Shortener: Cara Bikin Link Spotify Kamu Enak Dilihat

Spotify Link Shortener Cara Bikin Link Spotify Kamu Enak Dilihat

Ada banyak spotify link shortener yang bisa digunakan untuk berbagi link agar terlihat ringkas dan enak dilihat. Berikut adalah beberapa situs dan aplikasi yang akan kita bahas sebagai alat peringkas atau pemendek link playlist spotify:

1. Bitly

Pasti pernah dong melihat link pendek yang diakhiri dengan bitly? Link dengan akhiran seperti itu adalah link yang dimodifikasi melalui bitly. Bitly sendiri adalah sebuah platform yang menyediakan layanan untuk meringkas link atau url.

Tujuannya tak lain agar link panjang yang memakan tempat bisa lebih ringkas, mudah dibaca dan mudah diingat. Sebelum masuk ke cara penggunaan, kita lihat dulu seperti apa fitur yang dimiliki Bitly.

  • Meringkas Link – sudah tentu ini menjadi fitur utama yang bisa dilakukan dengan sangat cepat
  • Branded Link – di sini juga kita bisa membuat branded link yang digadang-gadang mampu menambah kepercayaan audience dan click-through rate hingga 34-35%.
  • Redirect Link – bisa digunakan untuk memperbarui link atau url tujuan atau mengakhiri link yang sudah kadaluarsa.
  • Insight link – informasi tentang pengguna yang mengklik link bisa diketahui melalui fitur ini
  • Integrasi link – fitur ini bisa digunakan untuk mengintegrasikan satu platform ke platform lainnya

Ada banyak lagi fitur yang bisa digunakan jika kita benar-benar menelusuri Bitly. Tapi, tak semua fitur juga bisa bermanfaat atau sejalan dengan tujuan kita.

Cara Menggunakan Bitly untuk Spotify Link Shortener

Berkaitan dengan tema yang sedang dibahas, berikut adalah cara mudah untuk membuat link pendek spotify melalui bitly:

  • Buat akun Bitly dengan membuka situs https://www.bitly.com klik sign up, ikuti petunjuknya hingga proses verifikasi melalui email.
  • Jika sudah memiliki akun, masuk saja ke situs dengan mengklik sign in dengan pengisian user dan password.
  • Jika sudah masuk, klik Create
  • Copy link spotify yang diinginkan lalu paste link atau url tersebut di kolom ‘Paste Long Url’
  • Klik Create
  • Jika akun yang digunakan gratis, maka bit.ly akan muncul di akhir link yang dibuat sebagai domain
  • Jika akun yang digunakan premium, sobat bisa mengubah dan menggunakan domain khusus untuk link yang dibuat.
  • Link bisa diubah sesuai kebutuhan pada halaman selanjutnya, semisal mengubah judul, copy, penambahan custom back-half, share tautan hingga campaign.
  • Ingat jangan menggunakan karakter yang pernah digunakan untuk link bitly yang dibuat.
  • Sebagai langkah terakhir, sobat tinggal klik Save untuk menyimpan link yang dibuat.
  • Link pun siap dibagikan.

2. Sptfy

Situs dengan alamat https://sptfy.com bisa diakses untuk mendapatkan link pendek dari spotify. Situs bertagline “Make Your Long Spotify URLS Short” ini, kiranya memang khusus digunakan untuk meringkas link dari spotify. Caranya sangat mudah:

  1. Salin Link atau URL spotify
  2. Masuk ke situs Sptfy
  3. Di laman muka ada dua pilihan:
    • Enter Your Long Spotify Url Bellow!
    • Optional
  4. Tempelkan saja link atau Url Spotify di kolom pertama
  5. Untuk kolom optional, sobat bisa mengisi dengan karakter apa pun atau dikosongkan sama sekali
  6. Klik create Url
  7. Short URL pun akan ditampilkan secara otomatis dan sangat cepat

3. TinyUrl

Menyingkat link spotify, bisa juga dengan mengakses dan menggunakan menggunakan situs https://tinyurl.com. Selain itu, TinyUrl bisa juga digunakan dalam bentuk aplikasi yang bisa dipasang melalui Google Play Store. Apa pun yang dipilih, metode atau cara penggunaannya TinyUrl sebagai Spotify link shortener, sama saja. langkah penggunaannya bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti berikut:

  • Copy link atau url spotify yang ingin dipendekkan
  • Masuk ke TinnyUrl
  • Tempel link atau Url yang tercopy di bilah “Enter a long URL to Make Tinny”
  • Di bilah Custom Alias (Optional), sobat bisa memasukkan karakter apa pun atau dikosongkan sama sekali
  • Klik tombol Make Tiny URL
  • Dalam proses yang cepat, sobat akan dialihkan ke laman baru yang memuat link pendek dan alternatif link pendek lainnya
  • Pilih salah satu link yang diinginkan dengan cara drag and copy
  • Link pendek pun siap dibagikan

Tujuan Memperpendek Link Spotify

Dalam banyak kasus, membagikan link adalah cara paling sederhana agar orang lain tahu aktivitas kita di media sosial. Namun, untuk kasus yang sifatnya khusus, terlebih menggunakan dulu aplikasi peringkas link, biasanya digunakan oleh para affiliator atau mereka yang ingin mendapatkan penghasilan dari konten.

Pertanyaannya, apakah spotify menyediakan program affilate? Sepertinya tak perlu menjawab pertanyaan yang akan menjadi bahasan baru seperti ini. Satu hal yang masuk akal adalah, Spotify memiliki fitur monetisasi, terutama untuk program podcastnya. Dan aktivitas penggunaan spotify link shortener sudah tentu merupakan cara paling ampuh untuk menarik audience.

Akhir Kata

Menyingkat link atau url panjang memang bukan lagi hal baru dalam dunia media sosial. Share link, akan dianggap sebagai sesuatu yang wajib, ketimbang menyebutnya sebagai tugas, hanya untuk meningkatkan posisi seseorang dalam bermedsos. Dalam kasus tugas, sharelink tentu akan dianggap lebih wajib lagi. Dampak yang dirasa, bukan hanya posisi atau ketenaran akun. Lebih dari itu, share link adalah upaya untuk menuju kemapanan finansial.

Dalam kasus khusus seperti inilah, semestinya spotify link shortener digunakan. Penggunaan link pendek tentu tak akan memakan ruang, di samping juga akan terlihat lebih artistik dan mudah dibaca dalam kacamata literasi. Kemudahan yang ada pada link pendek, memang dianggap mampu memikat audience untuk mengklik link yang kita bagikan dan menggiringnya masuk ke tempat yang kita inginkan.

Terlepas dari itu, pembahasan ini tak lebih dari cara membagi informasi. Harapannya, tak lain dan tak bukan, semoga informasi yang tersaji bisa memberi manfaat untuk sobat pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *