Cara Download Sound TikTok untuk Bikin Konten FYP

Cerdaskan.comDownload sound Tiktok biasanya dilakukan untuk pengisian suara dalam pembuatan konten dengan menggunakan aplikasi video editor di luar TikTok. Seperti diketahui, sebagai platform yang berisi konten-konten video pendek, TikTok seringkali ‘berulah’ dengan fitur sound uniknya. Sound inilah yang kemudian banyak menginspirasi kreator untuk menciptakan video-video viral dalam berbagai kategori.

Di kesempatan kali ini, kita akan mengulas bagaimana cara mendownload sekaligus menggunakan sound Tiktok untuk pengisian suara dalam konten video, tanpa harus mengedit langsung di aplikasi Tiktok.

Cara Download Sound TikTok untuk Bikin Konten FYP

Cara Download Sound TikTok untuk Bikin Konten FYP

Tak bisa dipungkiri jika konten video viral berstatus FYP di Tiktok, selalu didukung oleh sound yang unik dan menarik. Sound pada video FYP, biasanya ikut digunakan oleh banyak kreator, sekali pun konten videonya berbeda. Bagi yang paham kinerja algoritma, hal ini bisa dikatakan sangat berhubungan.

Sound pada video FYP TikTok, biasanya akan ikut terangkat ke posisi teratas hingga banyak diminati. Meski dalam kenyataan, cara kerjanya tak semudah itu. Terlepas dari itu, langsung saja kaita menuju pokok bahasan, bagaimana cara download sound Tiktok untuk mengisi konten video.

Cara Simple Download Sound TikTok

Ada dua cara untuk mendownload atau mengunduh sound Tiktok yang akan dibahas dalam ulasan ini. Cara yang dimaksud adalah:

  1. Menggunakan Aplikasi
  2. Tanpa Aplikasi

Kedua cara di atas, pada prinsipnya adalah sama, dengan output yang juga sama. Namun tak jarang juga ditemui jika banyak pengguna yang merasa ribet saat harus menggunakan aplikasi untuk mendapatkan sound.

Download Sound Menggunakan Aplikasi

Banyak sekali aplikasi yang memberikan layanan untuk download sound yang melekat pada konten video. Beberapa aplikasi bisa diakses secara gratis, ada juga yang menggunakan layanan premium. Kali ini kita tidak akan fokus pada layanan gratis atau premium, tapi hanya fokus pada aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk download sound Tiktok dengan cara yang mudah.

1. Song Downloader- Song Tik

Sesuai dengan uraiannya di PlayStore, aplikasi ini sengaja dibuat untuk pecinta Tiktok agar bisa mengunduh sound di konten Tiktok yang diinginkan. Jika aplikasi ini sudah terpasang di perangkat, soung Tiktok bisa diunduh dengan cara berikut:

  • Masuk ke Tiktok untuk mencari konten yang diinginkan
  • Klik bagikan pada konten terpilih
  • Salin link untuk mengopi url konten
  • Masuk ke Song Tik untuk menempelkan link yang sudah terkopi.
  • Tap Download MP3
  • Tunggu proses
  • Sound Tiktok akan tersimpan di perangkat secara otomatis dan siap digunakan

2. Mistc-Video Downloader

Aplikasi video downloader yang bisa didapat di Playstore ini, bisa juga digunakan untuk mendownload sound di konten Tiktok. caranya, kurang lebih sama dengan cara di atas.

3. Snaptik

Pilih bagikan pada konten yang diinginkan, salin tautan dan buka aplikasi ini untuk menempelkan link. Sobat tinggal pilih MP3 untuk mendapatkan sound Tiktok yang diinginkan. Tunggu proses hingga selesai, sound tersimpan dan bisa langsung sobat gunakan.

4. Snap Tok

Namanya mirip dengan aplikasi sebelumnya, cara penggunaannya pun tak jauh berbeda. Hanya saja, setelah sobat memilih bagikan, sobat bisa langsung memilih aplikasi Snap Tok. Dengan cara ini, sobat akan dibawa masuk ke aplikasi Snap Tok dan link atau url pun akan tersalin secara otomatis. Proses selanjutnya kurang lebih sama dengan aplikasi di atas.

Download Sound Tiktok Tanpa Aplikasi

Jika memasang aplikasi terasa begitu ribet atau terasa membebani perangkat sobat, cara berikut bisa digunakan untuk mendapatkan sound Tiktok dengan mudah. Syaratnya cukup dengan kuota atau jaringan, juga kapasitas memori yang memadai.

1. Savefromnet

Platform yang sudah sangat terkenal sebagai vieo downloader ini, sangat bisa dimanfaatkan untuk mengunduh sound Tiktok. Caranya sama saja, hanya platformnya saja yang berbeda.

  • Masuk ke Tiktok untuk mencari video yang diinginkan
  • Tap bagikan pada video terpilih
  • Salin link atau Url
  • Keluar dari Tiktok dan buka Browser
  • Masuk ke website resmi savefromnet di di https://savefrom.net
  • Paste atau tempelkan link
  • Tap Download
  • Pilih MP3 Format
  • Tunggu proses hingga selesai.
  • Audio akan tersimpan di perangkat dan siap digunakan.

2. TTSave

Platform ini juga bisa dimanfaatkan untuk download sound Tiktok dengan mudah. Tak ada yang beda dengan cara menggunakannya, intinya salin link pada konten terpilih dan masuk ke website resmi TTSave untuk menempelkan link dan menunggu proses download hingga beres.

3. Musicallydown

Platform yang sempat populer di kalangan kreator ini, sangat bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan sound Tiktok dengan mudah. Tak ada yang berbeda dengan cara kerjanya, intinya sama seperti cara sebelumnya.

4. SSSTiktok

Dari namanya saja sudah bisa dipastikan jika platform ini memang berhubungan langsung dengan para pengguna Tiktok. Benar, pengguna Tiktok khususnya pengguna lama memang sudah tak asing lagi dengan SSSTiktok sebagai alat untuk mendapatkan materi konten.

Caranya, tentu saja sama seperti cara di atas, hanya saja sobat harus sedikt teliti dalam pengetikan untuk bisa masuk ke website resminya yang menggunakan .io, bukan .com atau .net. Untuk lebih jelasnya sobat bisa langsung mengetik https://ssstik.io untuk masuk ke website resminya.

Memilih dan Menggunakan Sound untuk Bikin Konten FYP

Siapa yang tak mau konten Tiktoknya menjadi FYP? Sebelumnya telah diulas jika sound unik dan menarik bisa menjadi materi penentu yang akan membawa konten ke peringkat FYP. Karenanya, pemilihan sound janganlah sembarangan jika menginginkan konten FYP. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan dalam pemilihan dan penggunaan sound.

1. Gunakan Sound pada Video FYP

Di TikTok, video FYP selalu menjadi video yang direkomendasikan dan tampil di halaman awal. Sobat bisa memilih salah satu video FYP dan pilih gunakan sound pada fitur yang sudah disediakan Tiktok. secara otomatis, sobat akan langsung masuk ke halaman upload video. Langsung saja upload video dan lakukan editing sederhana, sound yang sama persis pun secara otomatis akan menempel pada konten sobat.

2. Sesuaikan Sound dengan Konten Video

Kesesuaian antara sound dengan konten video, biasanya menjadi syarat agar konten memiliki kualitas dan terangkat ke kelas viral atau FYP. Meski dalam kasus lain, banyak juga dietmui konten-konten FYP yang tidak berkesesuaian antara sound dan video. Kasus seperti ini, sah saja untuk pencapaian FYP. Namun jika dilihat dari segi kualitas konten, umumnya kasus seperti ini menyajikan konten yang tak berkualitas.

3. Gunakan Efek Tambahan

Beragam efek tambahan bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan video berkualitas. Karena bahasan menyangkut pada sound, sobat bisa menggunakan beragam efek suara yang disesuaikan dengan konten video. Tentunya sobat harus melakukan editing dengan memperhatikan timelapse agar efek dan video menjadi sesuai.

Penutup

Kiranya seperti itulah bahasan untuk download sound Tiktok untuk dijadikan konten FYP. Jika ada kekurangan atau kesalahan dalam pembahasan, sobat bisa menginformasikannya di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *