Aplikasi Jual Foto Online – 5 Terbaik!

Cerdaskan.com – Di era digital informasi saat ini, begitu banyak aplikasi yang dapat kita gunakan untuk menghasilkan uang. Salah satunya adalah aplikasi jual foto online. Hal ini mungkin terasa asing namun siapa sangka, banyak orang (khususnya generasi muda) menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan ‘uang saku’ tambahan. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Simak terus.

Jual foto online

Aplikasi-aplikasi ini banyak tersedia baik di Play Store maupun App Store. Menggunakannya pun sangatlah mudah. Cukup dengan kamera smartphone, bidik objek-objek menarik, edit supaya tampak lebih baik kemudian unggah di aplikasi.

Dari sekian aplikasi yang ada, kami memilih berdasarkan beberapa kriteria sebagai berikut:

– Developernya jelas, resmi dan aplikasinya legal (bukan aplikasi pishing)

– Aplikasi membayar setiap foto yang dibeli oleh pihak lain. Untuk proses pembayarannya ada beberapa cara. Ada yang per 2 minggu, per bulan atau berdasarkan permintaan dari pemilik foto. Yang menarik, foto-foto yang Anda unggah tersebut dapat dibeli oleh lebih dari 1 pembeli. Jadi Anda tetap memiliki walaupun ada yang membelinya

– Kemudahan dalam penggunaan, memiliki fitur yang lengkap dan dapat digunakan

– Developer secara berkala rutin melakukan update aplikasi guna memastikan tidak adanya bug maupun celah pada aplikasi tersebut. Bila sekiranya Anda mengalami kendala atau permasalahan, segera sampaikan review pada aplikasi tersebut untuk segera dilakukan perbaikan / maintenance.

Lantas, aplikasi apa saja yang memenuhi kriteria di atas? Berikut kami rekomendasikan 5 aplikasi yang menawarkan fitur untuk memudahkan pengguna dalam mempromosikan dan memasarkan karya fotografi secara lebih luas.

1. iStock Photo

logo aplikasi jual foto online

iStock Photo adalah aplikasi  yang sangat banyak penggunanya. Untuk dapat sign up menjadi kontributor iStock, kita membutuhkan persetujuan dari pihak iStock Photo terlebih dulu. Di iStock, pembayaran kepada pemilik foto berkisar antara 15% – 45%. Namun untuk diketahui iStock terkenal memiliki harga jual foto yang cukup tinggi. Dengan kata lain, foto-foto yang ada di iStock Photo lebih berkualitas dimana secara umum kontributornya adalah fotografer profesional.

Oh ya aplikasi iStock Photo ini ada opsi bahasa Indonesia. Iklannya juga cukup intense, kadang kita lihat saat kita berselancar mencari foto di website.

2. Aplikasi Jual Foto Online Shutterstock

logo aplikasi

Shutterstock adalah aplikasi yang sudah terkenal di seluruh dunia dan cocok untuk pemula. Aplikasi ini dapat dengan mudah Anda unduh dari Play Store atau App Store. Mengusung konsep ala pasar umumnya, Shutterstock merupakan tempat pertemuan antara penjual (pengunggah foto) dengan pembeli (pengunduh). Disini Anda akan melihat ada begitu banyak sekali stok foto tersedia.

Pembayaran di aplikasi ini berkisar antara 15% – 40%, tergantung kualitas foto. Satu hal yang menarik, disini Anda tidak hanya bisa menjual foto melainkan juga ilustrasi maupun video pendek.

3. Photography Community

logo aplikasi

Secara umum aplikasi ini tidak banyak berbeda dengan aplikasi lainnya. Yang membedakan adalah pembagian sistem pembayaran yaitu 30% untuk yang lisensi non eksklusif dan 60% untuk yang lisensi eksklusif. Selain itu, sebagai kontributor Anda tidak dapat menentukan harga jual foto. Alih-alih, 500px Photography Community memiliki sendiri ‘kurator foto’ untuk menentukan harga jual. Kecuali bila berlangganan paket premium maka Anda dapat menentukan sendiri harga jual foto.

4. Foap Photo

logo aplikasi

Aplikasi ini tersedia gratis baik untuk platform Android (Play Store) maupun iOS (App Store). Kami juga telah memverifikasi bahwa aplikasi ini terbukti membayar untuk setiap foto yang terjual dengan kisaran 50-50.

Teknis penggunaan aplikasi ini serupa dengan aplikasi lainnya. Anda bisa mengunggah foto maupun video dan selanjutnya promosikan. Foap Photo juga cukup sering mengadakan event yang berhadia ratusan dollar.

5. Aplikasi Jual Foto Dreamstime

logo aplikasi

Tersedia dalam Bahasa Indonesia, aplikasi ini rupanya telah sangat dikenal dimana penggunanya mencapai lebih dari 38 juta akun. Satu hal menarik yang mungkin menyebabkan banyak penggunanya adalah, Dreamstime memberikan bonus US$ 0.02 untuk setiap unggahan foto yang disetujui.

Pembayaran untuk setiap foto yang terjual di aplikasi ini berada di kisaran 20% – 49% dari harga jual foto yang mana cair saat nominalnya mencapai US$ 100. Semakin tinggi level pengunggah (Fotografer), apalagi bila memiliki lisensi eksklusif, royalty fee yang diterima juga akan semakin besar.

Demikian 5 aplikasi terbaik yang dapat kami rekomendasikan. Harap selalu diingat bahwa jumlah audiens tidak bisa langsung bertambah seketika. Semua memerlukan kesabaran, proses dan waktu. Yang terpenting adalah Anda rajin mengunggah foto-foto baru sesering mungkin dan pastikan foto-foto tersebut bagus-bagus semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *