6 Aplikasi Jual Foto Online Terbaik untuk Dapat Uang 2023

Cerdaskan.com – Apakah Anda memiliki bakat di bidang fotografi, ataukah Anda hobi dalam bidang tersebut? Jika ia maka aplikasi jual foto online wajib sekali Anda coba. Seperti yang diketahui seiring berkembangnya waktu saat ini sudah banyak hal-hal yang beralih dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Salah satunya adalah proses transaksi atau jual beli yang dilakukan secara online.

Hal ini tentunya menguntungkan banyak pihak, jual foto online kini juga menjadi salah satu ide usaha online yang populer dan paling baik untuk dicoba. Berbagai keuntungan dari menjual foto secara online di antaranya kegiatan ini bisa menjadi pekerjaan Anda di bidang bisnis namun dilakukan secara part time. Hal tersebut karena dengan dilakukannya secara online ini Anda tidak harus bekerja full time jadi pekerjaan ini bisa menjadi sumber penghasilan tambahan Anda.

Daftar Aplikasi Jual Foto Online Terbaik 2023

6 Aplikasi Jual Foto Online Terbaik untuk Dapat Uang 2023

Nah bagi Anda yang penasaran apa saja aplikasi yang dapa digunakan untuk jual beli foto online simak informasi di bawah ini.

Website Pribadi

Aplikasi atau media pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk jual foto online adalah website Anda sendiri. Hal ini mungkin bisa dilakukan oleh para developer dan pengembang yang sudah sangat profesional dalam hal pembuatan website. Seperti yang diketahui saat ini Anda sudah bisa bersaing dengan situs mana pun karena saat ini tidak hanya situs yang berasal dari perusahaan besar saja yang terkenal namun saat ini sudah banyak website populer yang dimiliki oleh perorangan dan cukup terkenal.

Jadi jika Anda termasuk orang yang sudah memiliki website sendiri dan terkenal Anda bisa menjual foto hasil potret Anda di web tersebut. Hal ini juga pastinya akan menambah kepopuleran web Anda sehingga nantinya Anda bisa memiliki brand Anda sendiri.

Shutterstock

Bagi para fotografer ataupun para pebisnis online aplikasi Shutterstock mungkin sudah sangat familiar. Ya, aplikasi jual foto online ini memang sangat populer karena termasuk aplikasi jual foto yang sudah dikenal hingga jutaan pembeli serta kontributor di seluruh dunia loh. Berbagai hal yang dijual mulai dari stock image, footage video, vektor, ataupun model 3D.

Perlu Anda ketahui bahwa jika Anda menjadi kontributor di Shutterstock ini Anda akan memperoleh keuntungan setiap pelanggan membeli lisensi terhadap produk digital Anda. Adapun biaya royalti yang dihasilkan sebanyak 15 – 40% loh, hal ini didasarkan pada tingkat penghasilan Anda masing-masing. Contohnya kontributor gambar level 1 akan menghasilkan 15% jika sudah menjual sampai 100 lisensi setiap tahunnya sedangkan kontributor gambar level 6 memperoleh 40% royalti jika sudah menjual sebanyak 25000 lisensi lebih.

Anda bisa menggunakan link ini untuk daftar jadi Contributor Shutterstock.

Getty Images dan iStock

Ketika Anda mencari sebuah foto jika diperhatikan mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan Getty Images. Hal tersebut karena biasanya foto yang Anda dapatkan dari browser akan tertuliskan Getty Images di bagian bawah foto. Nah ternyata Getty Images ini memang sebuah aplikasi yang sudah sangat populer sekali di kalangan publisher maupun brand karena menyediakan berbagai stock library yang besar serta foto dengan kualitas yang tinggi.

Jika Anda ingin mencoba menjual foto Anda di sini caranya cukup mudah sekali. Pertama Anda harus memiliki aplikasi Getty Images terlebih dahulu dengan mengunduhnya lalu Anda akan mengisi formulir. Setelah itu Anda akan diminta mengirim foto berjumlah 3 sampai 6. Foto yang dikirimkan ini merupakan foto sampel yang nantinya akan direview oleh para editor. Jika foto Anda memiliki potensi penjualan yang tinggi maka foto Anda akan dimasukkan ke Getty Images atau ke cabang microstocknya yaitu iStock.

Perlu diketahui jika Anda menjadi kontributor Getty Images maka konten atau foto yang Anda kirim sudah menjadi hak milik aplikasi tersebut walaupun pemilik hak cipta masih ada di tangan Anda. Namun karena sudah dikirimkan dan menjadi hak milik aplikasi tersebut, Anda tidak diperbolehkan untuk mengirim foto tersebut ke web atau aplikasi jual foto online lainnya.

Besar royalti yang akan didapatkan yaitu sebesar 20% sedangkan pada iStock, foto yang Anda kirimkan tersebut termasuk ke dalam kategori non eksklusif. Artinya Anda masih boleh menyebarluaskan foto atau konten tersebut ke pihak lainnya. Jika Anda ingin menjadi kontributor eksklusif, hal ini bisa dilakukan dan aturannya sama dengan yang ada pada Getty Images tadi. Adapun biaya royalti pada iStock ini yaitu 25 sampai 45% untuk kontributor eksklusif sedangkan untuk kontributor non eksklusif sebesar 15%.

Adobe Stock

Anda pengguna Adobe, atau sebelumnya Anda pernah mendaftar ID Adobe? Jika iya maka Anda wajib mencoba aplikasi jual foto online yang satu ini. Aplikasi ini cukup populer namun jika Anda ingin mencobanya perlu diketahui bahwa aplikasi yang satu ini mempunyai quality control yang cukup ketat, terdapat beberapa kriteria yang harus terpenuhi sebelum bisa mendapatkan lisensi.

Jadi Anda harus mengikuti pedoman kontributor yang sudah ditetapkan sebelumnya. Adapun untuk biaya royalti yang diperoleh yaitu sebesar 33% khusus untuk yang kompetitif. Nah namun jika Anda ingin meminta bayar hal ini hanya bisa dilakukan paling tidak 45 hari setelah penjualan pertama atau jika Anda sudah memiliki penghasilan sampai $25 atau setara dengan Rp 370.000.

Anda bisa menggunakan link ini jika tertarik untuk bergabung dan menjual hasil jepretan Anda melalui Adobe Stock.

Alamy

Aplikasi jual foto online selanjutnya adalah Alamy. aplikasi ini berasal dari Inggris yang menerima beberapa konten seperti vektor, video ataupun gambar panorama 360°. Pembayaran yang ditawarkan aplikasi ini bisa dikatakan cukup besar jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Biaya royalti yang didapat yaitu sekitar 40 sampai 50% namun hal ini disesuaikan dengan kontrak dan juga disesuaikan dengan lisensi yang Anda miliki apakah eksklusif atau non eksklusif.

Biasanya perusahaan akan membayar biaya royalti setiap bulannya hanya saja hal ini bisa dilakukan jika saldo penghasilan yang Anda miliki di atas $50 atau Rp 725.000. Menariknya aplikasi ini juga memiliki fitur unggulan yaitu adanya penawaran komisi untuk pelajar sebesar 100% di setiap gambar yang bisa langsung terjual di platform tersebut pada 2 tahun pertama ketika menjadi kontributor.

500px

500px menjadi aplikasi jual foto selanjutnya yang bisa Anda coba. Aplikasi ini sangat populer karena sudah hampir 16 juta anggota yang melakukan kerja sama dengan pihak lain atau partner distribusi loh. Jadi 500px ini memang tidak menetapkan harga sendiri seperti aplikasi lainnya namun pada aplikasi ini hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjalin kerja sama dengan fotografer lainnya.

Penutup

Itulah beberapa aplikasi jual foto online yang wajib dicoba oleh para fotografer, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini salah satunya untuk mendapatkan penghasilan tambahan hanya dengan menjual foto secara online, sangat menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *