Cara Menjadi Penulis Kontrak Berpenghasilan di Noveltoon

nulis dapat uang

Noveltoon memberikan banyak metode mendapatkan uang. Kita bisa dapat uang dari jumlah views cerita, vote, menjadi penulis kontrak dan lain-lain.

Cara menjadi penulis dan menghasilkan uang di Noveltoon bisa kamu mulai dengan menerbitkan cerita. Sudahkah dirimu memiliki naskah? Berapa jumlah kata naskah tersebut? Usahakan miliki 20.000 kata, agar bisa langsung didaftarkan menjadi penulis kontrak. Jika naskah masih ongoing atau masih sedikit, itu sebenarnya bukan masalah. Yang penting kamu bisa terus mengupdate karya minimal 1 kali dalam 3 hari.

Cara Menjadi Penulis dan Menerbitkan Novel di Noveltoon

Noveltoon menyediakan tempat penulis menerbitkan  karya fiksi mereka dalam berbagai bentuk. Seperti novel, chat story, ataupun cerpen. Lebih direkomendasikan menerbitkan novel atau chat story saja. Berikut adalah cara menjadi penulis dan penulis kontrak di Noveltoon.

1. Cara Menerbitkan Cerita di Noveltoon

  1. Buka aplikasi Noveltoon

  2. Klik ikon ‘Pensil’

  3. Pilih ikon tambah atau ‘+’

  4. Lalu pilih ‘Novel’

  5. Masukkan judul karya dan sinopsis singkat

  6. Klik ‘Buat’

  7. Kamu bisa langsung memasukkan episode baru. Boleh juga skip lanvkah ini, dan menyiapkan cover cerita, genre, deskripsi, tag khusus, dan mengisi garis besar

Setelah membuat karya, editor Noveltoon akan mereview karya kamu. Tunggu kurang lebih 48 jam. 

Sembari itu, terbitkan episode-episode karya kamu untuk menarik para pembaca mendekat.

2. Cara Menjadi Penulis Kontrak di Noveltoon

Dengan menjadi penulis kontrak, penghasilan kamu menjadi lebih besar karena memperoleh reward dari Noveltoon. Besarnya reward tergantung level karya.

  • Level 8 dapat uang Rp 200.000

  • Level 9 dapat uang Rp 500.000

  • Level 10 dapat uang Rp 1.000.000

Bonus ini akan dikirimkan maksimal dua kali untuk masing-masing karya. Jadi tidak dikirim setiap bulan, hanya dikirim sekali atau dua kali. Jika level karyamu terus naik, kamu bisa dapat bonus. Karya yang mengalami penurunan tidak akan mendapatkan bonus lagi. Bagaimana cara agar level karya terus naik? Yaitu dengan rutin update.

Di atas adalah pembahasan soal keuntungan karya yang dikontrak. Lalu gimana cara mengajukan kontrak sebagai penulis Noveltoon? Berikut adalah langkah demi langkah:

Pertama, penuhi syarat mengajukan karya untuk dikontrak. Apa saja syarat itu?

  1. Minimal karya memiliki 20 bab dan terdiri dari 20 ribu kata

  2. Karya original

  3. Tidak mengandung konten dewasa

  4. Tiap bab minimal terdiri dari 1.000 kata (direkomendasikan begini)

Kedua, post semua bab dan ajukan kontrak. Saat pengajuan kontrak, kamu diminta mengisi data diri, KTP, rekening bank dan detail karya kamu. 

Mengajukan kontrak ada di menu detail karya. Klik ‘Ajukan Kontrak’ lalu ikuti langkah-langkahnya. Proses pengajuan kontrak memakan waktu belasan sampai puluhan hari. Mereka akan melewati 6 tahapan: 1) Tahap pengiriman naskah, 2) Review awal, 3) Review ulang, 4) Review data, 5) Lulus (jika lulus).

Karya yang berhasil dikontrak, dapat memperoleh beberapa keunggulan. Salah satunya seperti yang disebut di atas, dapat reward uang. Keunggulan lainnya, karya kamu bisa dipromosikan sehingga bisa memperoleh lebih banyak pembaca.

Bagaimana jika ternyata karya gagal dikontrak Noveltoon? Tidak apa-apa. Kamu tetap bisa mendapatkan penghasilan dari jumlah viewers dan vote. Itu jika jumlah viewers ceritamu banyak. Oh iya, mengajukan karya sebagai karya kontrak di Noveltoon, tidak ada kaitannya dengan jumlah pembaca. 

Parameter karya diterima itu dilihat dari keunikan cerita, alur, konflik, seru atau tidaknya cerita, PUEBI, dan kekonsistenan kamu menerbitkan cerita.

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis di Noveltoon

Ada beberapa cara mendapatkan uang di Noveltoon. Tapi kita anggap saja hanya ada 2 cara.


1. Dengan Menjadi Penulis Kontrak di Noveltoon

Kamu bisa dapat keuntungan 200 ribu sampai 1 juta. Uang ini akan masuk ke daftar pendapatan. Untuk mencairkannya, harus menunggu sampai terkumpul 1.4 juta. Itu lah syarat melakukan penarikan. 

Banyak penulis yang menyerah di tengah jalan karena merasa tidak mampu mengumpulkan uang 1,4 juta. 

2. Dari Jumlah Views Pembaca Cerita

penghasilan dari jumlah views

Saya kurang paham berapa nominal uang yang didapat dari puluhan, ratusan atau ribuan pembaca. Noveltoon akan menghitungnya sendiri. Untuk mengecek penghasilan ini, silakan buka detail cerita kamu. Kemudian klik ‘Statistik’.


klik bagian statistik untuk melihat penghasilan

Daftar penghasilan per hari dan rekap penghasilan perbulan tayang di sana secara real time.

Itulah penjelasan soal cara menulis di Noveltoon dan menghasilkan uang di sana. Strategi terbaik sukses di ranah ini adalah dengan menjadi penulis kontrak mereka, sehingga nanti dapat bonus, serta keuntungan karya bisa dipromosikan ke beranda. Karya yang dipromosikan otomatis dapat banyak pembaca. Jumlah pembaca yang banyak, mendatangkan penghasilan dari jumlah views.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *