Review dan Cara Baca Novel The Second Marriage dari Webtoon

cover novel the second marriage

The Second Marriage atau Remarriage Empress bisa dibaca dalam versi novel atau komik. Keduanya dapat Anda baca di Naver (Webtoon dan Web Novel). Jika baca versi novel, Anda bisa membaca ceritanya lengkap karena ceritanya sudah tamat, bahkan sudah jalan ke season 2. Sementara di Webtoon masih setengah jalan.

Kekurangan membaca di Naver, ceritanya disampaikan dalam bahasa Korea. Untuk mengatasi ini saya buka Naver dari Chrome, terus pake fitur terjemahan Google Translate. Terjemahannya tetap enak dibaca kok, susunan katanya padu, diksinya rapi, pokoknya gak kalah sama terjemahan para translator.


cover novel  remarriage empress

Cara Membaca Novel The Second Marriage atau Remarriage Empress

Jika Anda mencari di Google, situs/web tempat baca novel ini, Anda bisa menemukan banyak website-website ilegal yang menyediakan versi terjemahan. Namun saya tidak menyarankannya karena itu ilegal. Lebih baik baca di Naver ya kan? Gratis, bisa baca episode lengkap, ditulis langsung oleh penulisnya, terus fitur-fitur bacaannya keren, ada gambarnya juga.


tampilan webnovel 

Ini link buat baca novel The Second Marriage di Web Novel Naver:

Baca Novel The Second Marriage 

Biar bisa baca versi bahasa Indonesia, silakan gunakan browser dari Google Chrome. Terus manfaatkan fitur terjemahannya:

  1. Buka link yang saya berikan di atas memakai Google Chrome
  2. Klik titik tiga di pojok kanan atas
  3. Scroll ke bawah lalu cari menu ‘Terjemahkan’
  4. Pilih ‘Bahasa Indonesia’
  5. Selesai

tampilan novel di webnovel naver

Update:

Sekarang cara ini tidak bisa digunakan. Untuk membaca novel The Second Marriage kalian harus mengunduh aplikasinya, namanya Series, ada di Playstore. Kalau gak pakai aplikasi, kita hanya bisa membaca sampai episode 10. Masalahnya sulit buat daftar, khususnya saat proses permintaan kode verifikasi. Saya tidak begitu tahu caranya, coba Anda cari sendiri. Setelah daftar nanti Anda unduh aplikasi terjemahan atau secreen shoot terus terjemahkan jadi bahasa Indonesia. Selamat berbingung-bingung ria!


Selain baca lewat perangkat mobile seperti ini, Anda bisa membacanya lewat buku fisik. Saya pernah menemukan novel ini di Shopee. Diimpor dari Korea Selatan. Tersedia 5 seri buku, per buku harganya Rp 300 ribuan. Untuk pembelian kelima seri bisa habis Rp 1.6 juta.

Sinopsis Novel The Second Marriage 

Novel ini menceritakan tentang seorang Ratu dari kerajaan Barat yang diduakan oleh Soviesch (Raja) dengan seorang budak yang ditemuinya saat sedang berburu. Ada alasan kenapa Soviesch menduakan selirnya tersebut (kalau aku kasih tahu nanti spoiler). Yang jelas, mereka sebenarnya saling mencintai, teman masa kecil, besar bersama lalu dijodohkan.


masa kecil navier dan soviesch

Novel ini akan membawa kita pada kisah Soviesch yang menduakan Ratu berharganya dengan wanita rendahan yang tidak tahu diri. Serta kisah tentang Navier yang bisa mengatasi masalah hidupnya dengan cara yang luar biasa keren. Dia ini wanita kelas mahal, tindak-tanduknya bener-bener gak ada murahan-murahannya.


Setelah diduakan oleh Soviesch, Navier pun diceraikan. Kemudian datang laki-laki tampan dari kerajaan Timur yang meminang Navier untuk menjadikannya sebagai istri sekaligus Ratu untuk kerajaannya. Jadi habis cerai dia langsung nikah sama laki-laki yang lebih bisa menghargainya dan mencintainya. 


navier dan heinry

Rate dari 1 sampai 10, nilai dari saya 9,8.

Review Novel The Second Marriage 

Novel ini luar biasa. Webtoon-nya juga luar biasa! Ceritanya benar-benar membuat marah. Setelah membaca novel/komiknya saya seketika menjadi manusia toxic karena emosi terhadap budak kurang ajar gak tahu diri yang polos kek sampah anj** **** ***** *****. Astaghfirullah.


navier dan heinry

Tiap lihat Navier (Ratu kita, dia pemeran utama, orang yang diduakan, berlian, wanita terhebat wkwk), saya kadang malu. Yang diduakan dia, tapi yang jadi toxic saya. Dia bener-bener wanita yang spesifikasinya gak ecek-ecek, wanita tangguh, gak letoy, mandiri, bisa memecahkan masalah sendiri, tidak pernah marah, bisa menjaga emosi, pengetahuannya luas, pintar dan sangat-sangat tahu bagaimana cara menjadi ratu terbaik untuk kerajaannya. Mungkin kalau gak ada dia, kerajaan bakal hancur, tidak semakmur saat dia memimpinnya.


episode 1


episode 262

Di novel, ada setidaknya 262 episode + season 2, sementara di Webtoon baru rilis 91 episode (artikel ditulis tanggal 2 Desember 2021). 

Seruan mana baca di Web Novel atau Webtoon? Semuanya seru. Cuma bagi yang tidak suka membaca banyak teks dan senang memperhatikan gambar bisa baca di Webtoon saja. Bagi yang tidak sabar melihat akhir ceritanya bisa juga baca versi novel. Kalau menurut beberapa pembaca yang membaca novel, pembawaan cerita di novel lebih ngena. Gak tahu deh, coba baca sendiri.

Di Web Novel tersedia beberapa ilustrasi gambar untuk memperjelas imajinasi pembaca. Ilustrasinya keren banget, gak kalah sama yang ada di Webtoon. Coba perhatikan perbedaan gambar di Webtoon dan Web Novel berikut.

Perbedaan Gambar The Second Marriage di Web Novel dan Webtoon


Versi Webtoon:



navier dan heinry
navier dan soviesch
sovie stupid
rashta istri kedua
lady navier 
budak
kafman, heinry dan navier
kafman membogem sovieasu
si goblok
2 orang yang saling jatuh cinta tapi si cowoknya goblok
kafman atau siapa sih lupa namanya
heinry panggil navier dengan sebutan queen
heinry membawa navier diam-diam dari mantan suaminya. ada yang komentar dia mirip pebinor, tapi dia bawa kabur navier pas udah resmi cerai kok
cieeeee
ekhem ekhem
uooohoook ohook ptikitiw

Versi Web Novel:


heinry my king
heinry juga
kafman
nona navier
heinry dan navier
kafman menonjok soviasu
kafman dan navier
kafman seksi
lady navier, heinry dan soviesch
soviesch dan navier
mantan istrimu cakep kan
jangan cemburu
soviesch galau
soviesch depresi
soviesch menyesal
soviesch puyeng
sedih juga lihat soviesch kayak gini. gimana lagi, kamu udah ceraikan dia. kededihanmu karena ulahmu sendiri
navier dan heinry
heinry
heinry dan navier
heinry
langgeng ya gaees
cute
heinry gentleman banget
maap kepencet
heinry dan navier menikah
siluman burung heinry
si budak
trashta, eh rashta deh
caper teros nangis teros
rashta wanita manipulative
rashta dan soviesch
rasto
cocok kalian berdua
soviesch

Penggambarannya keren banget. Baik di versi novel atau webtoon. Saya susah berkata-kata. Sebagus ini tapi bisa dinikmati gratis. 

Pesan untuk Soviesch, Mantan Suami Navier

Kamu benar-benar telah melepas berlian. Betapa malangnya dirimu, tidakkah kamu sadar bahwa Navier wanita sempurna yang diinginkan seluruh kerajaan di negara Barat, Timur, Utara, Selatan tralala. Kamu beruntung telah memilikinya, tapi kenapa kamu lepas, Bro?


Bukan hanya Heinry yang mencintai Navier, mantan istrimu juga dicintai oleh Raja kerajaan Luipt Kaufman. Kamu pasti tidak sadar saat dirimu menikahi gadis budak itu kan. Mereka berdua datang ke kerajaanmu dengan tujuan menghibur istrimu yang telah kau duakan? Betapa manisnya mereka. Gadis yang mereka cintai disakiti, lalu mereka datang menghiburnya, keduanya juga menjanjikan akan menjadikan Navier satu-satunya istri dan Ratu di kerajaan jika dia mau melepaskan dirimu. Bahkan siap menciptakan peperangan hanya demi merebut Navier dari sisimu.

Tapi Navier menolak tawaran itu karena dia mencintaimu Soviesch! Lalu dengan bodohnya kamu malah menceraikannya. Ya ampun! Melepas berlian hanya untuk batu kerikil. Saya kasihan kepadamu. Sungguh. Sekarang kau telah kehilangan wanita itu.


Berbahagialah dengan sampah itu Soviesch, dan teruslah hidup dalam penyesalan. 

6 comments

  1. Kak, kenapa ya sekarang kok jadi gabisa dibuka lagi chapter selanjutnya? Tampilannya jadi berubah di naver. Tolong dong, bantu aku. Pengen banget baca chapter selanjutnya. 😭

  2. Iyaa nih, aku kemarin juga mau baca lagi tapi cuma sampe episode 10 ya. Kayaknya berbayar deh 😭😭😭😭😭. Per chapter kalo gak salah dihargai12 koin atau berapa gitu. Kalo dari web kan gak bisa lakukan pembelian, jadi diarahin terus buat unduh aplikasinya. Aku cek judul novel yg lain aman2 aja padahal, chapternya lengkap. 😭😭😭😭

  3. Eh aku gak begitu yakin deh berbayar atau enggak. Tapi kalo baca lewat aplikasi kamu unduh aplikasi penerjemah tipe scan layar gitu. Terus discreenshot satu2 atau scan layar wkwkwk. Agak ribet ya. Aku gak tahu aplikasinya apa, soalnya belum pernah nyoba.

  4. Itu gimana? Aku sudah download aplikasinya tapi harus buat akun naver dulu. Masalahnya aku gabisa dapat kode verifikasi. Gimana nih?

  5. Biar bisa dapet verifikasi kodenya keknya harus punya akun line atau naver. Aku kurang tahu, belum coba juga. Tapi cara aja di youtube tutorial login/daftar aplikasi SERIES Naver Webtoon.

  6. hikz iya. terakhir aku baca 6 bulan lalu di ch 217. sekarang uda ga bs lg.
    mesti log in dl ya? harus buat akun dl?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *