24 Rekomendasi Anime untuk Pemula Menurut Saya

the best semua


Iseng pengen bikin daftar anime yang pernah saya tonton, lalu dibuatlah daftar ini. Nantinya akan terus bertambah banyak sebanyak Saya menemukan anime bagus untuk direkomendasikan. Itung-itung bikin kenangan untuk anak-cucu saat ingatanku sudah menua kelak.

Rekomendasi Anime untuk Pemula


pak kades

1. Naruto


Hampir semua manusia yang memiliki televisi, tahu dengan Naruto. Anime ini mengisahkan laki-laki yang di tubuhnya disemayami musang berekor 9, dan dibenci hampir semua warga Konoha, tidak memiliki teman, tidak memiliki keluarga, hidup sebatang kara dari kecil, ninja lemah, yang berjuang ingin menjadi Hokage di desa yang mana banyak orang membencinya tersebut.

Episode paling seru dimulai saat memasuki episode 300 Naruto Shippuden. Itu waktu edo tensei mulai diaktifkan, banyak ninja-ninja hebat yang mati dihidupkan lagi. Singkat cerita, anime ini sangat seru.

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,5.



kiritod

2. SAO (Sword Art Online)

Teknologi makin canggih, game tak hanya dimainkan lewat jempol saja. Sekarang Anda bisa masuk ke dalam game, dan ikut terlibat dalam pertarungan dengan dibekali skil-skil bertarung fiktif. Teknologi game ini berbentuk seperti helm, dipasang di kepala dan tersambung ke otak. Penggunanya cukup tiduran saja. Terus kalau pengguna sudah bilang, “Link Start!” Otomatis mereka akan masuk ke dalam game.

Sayangnya, jutaan anak yang masuk ke dalam game itu, tak bisa kembali ke dunia nyata sebelum mereka menamatkan game tersebut. Jika memaksa keluar, ujung-ujungnya Anda akan mati. Selain dipenuhi action, anime ini juga ada romancenya. Paling seru SAO season 1, seterusnya agak kurang suka.

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,0.



alur ceritanya bagus banget

3. FullMetal Alchemist Brotherhood

Ada 64 episode saja, setelah itu anime tamat. Alur ceritanya seru, komedi juga dapat, ketegangan, sedih, dan grafiknya pun bagus. Ceritanya tentang kakak beradik yang berusaha menghidupkan kembali Ibunya yang sudah meninggal. Mereka membuat lingkaran setan, tapi sekeras apapun mencoba, yang namanya mati tak akan hidup lagi.

Mereka gagal menghidupkan Ibunya, yang ada malah keduanya kehilangan sesuatu. Sang adik kehilang seluruh tubuhnya, sementara sang kakak kehilangan 1 kakinya. Untuk mengunci jiwa adiknya yang tidak memiliki tubuh, sang kakak pun mengorbankan tangannya lalu mengunci jiwa sang adik di baju zirah besi. Anime ini akan mengajak kita mengikuti perjalanan kakak beradik ini memperoleh tubuhnya kembali.

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,5.



kereeeen

4. Demon Slayer

Ada filmnya juga, dan semuanya bagus. Judul filmnya Mugen Train. Menurut Saya, itu adalah film anime terbaik karena alur ceritanya keren banget sih. Sementara untuk animenya sendiri, juga bagus, sangat bagus malah. Ceritanya tentang perjuangan kakak mengubah adiknya yang sudah menjadi setan agar kembali menjadi manusia lagi.

Uniknya, sang adik yang menjadi setan ini masih bisa mengontrol emosinya. Tak seperti setan biasanya. Selain itu, teknik berperangnya juga unik. Pemeran utama, yaitu sang kakak (Tanjiro), mempelajari teknik bernapas dalam menggunakan pedang. Kalau pernapasan Anda baik, maka Anda bisa menjadi sangat kuat.

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,7.



plus ultraaaa

5. My Hero Academia

Ceritanya soal anak yang tidak memiliki bakat kekuatan apapun, tapi dia bercita-cita menjadi superhero terkuat di negaranya. Rasanya sangat tidak mungkin, karena hampir semua penduduk di negara itu, memiliki kekuatan. Hanya dia saja yang tidak punya.

Lalu suatu hari dia bertemu dengan All Might, super hero nomor 1 yang juga panutannya. Ngefans berat ceritanya. All Might yang melihat kebaikan hati anak tanpa bakat itu pun tersentuh, lalu ia mewariskan kekuatannya ke anak tersebut dengan menyuruh anak itu memakan rambutnya. Singkat cerita, di anime ini kita akan melihat perjalanan anak itu mempelajari kekuatan dan menjadi penerus kekuatan All Might. 

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,2.



conan edogawa, detektif

6. Detective Conan

Ceritanya agak kurang jelas. Karena awalnya si Conan yang tubuhnya dewasa, lalu tiba-tiba berubah kecil ini ceritanya sedang mengejar penjahat yang membuat tubuhnya menjadi kecil. Tapi sampai di episode sekarang yang sudah 1000 lebih, kok penjahatnya belum ketemu-ketemu.

Tapi terlepas dari itu, tiap episodenya sangat seru diikuti karena selalu menyajikan kasus-kasus dan pemecahan misteri pembunuhan terbaru. Selain itu, kita juga akan dihibur oleh aksi Conan yang selalu berusaha menyembunyikan identitas diri dari Ran (wanita yang dia sukai dan menyukai Conan).

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,0.



bajak laut mugiwara

7. One Piece

Saat Saya membuat artikel ini, One Piece sudah mencapai 980 episode. Awal menonton episode 1, Saya agak merasa malas. Karena animenya menurut Saya waktu itu agak boring, terlalu banyak komedi, terlalu bertele-tele … TAPI!!!

Saat sudah masuk episode 50, semuanya terasa berubah. Ceritanya sendiri tentang petualangan Luffy mencari kru Bajak Laut dan perjalanan mewujudkan cita-cita menjadi Raja Bajak Laut. Di anime ini, musuhnya sangat banyak, ada banyak peran antagonis, banyak juga peran protagonis. Maksud Saya, dia bakal punya banyak konflik buat dibahas, dan anime ini gak bakal membosankan. Komedinya juga makin kesini makin dapet. Saya pernah ngakak sampe sesek napas, susah napas, cuma karena ngetawain tuh Bajak Laut.

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,7.



madaaaaa madaaaaaa

8. Black Clover

Isinya soal sihir. Ada seorang anak yang tidak memiliki energi sihir sama sekali, tapi dia ingin menjadi ksatria sihir. Lalu suatu hari kekuatan barunya muncul, masih sama, tidak memiliki sihir tapi dia memiliki pedang anti sihir. Dia bisa menangkal semua sihir dengan pedang itu, memantulkannya dan menebas pedang sampai melukai orang.

Garis besar anime ini begini: anak rakyat jelata, hidup di tengah bangsawan, penuh caci maki, ada banyak perbedaan kasta baik kasta kekayaan hingga kekuatan. Tokoh utama anime, benar-benar dihina. Tapi sayangnya tokoh utama kita yang bernama Asta ini tidak peduli. Soalnya dia agak baka (bego).

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,3.



sate sate sateee

9. Seven Deadly Sins

Sang tokoh utama, Meliodas. Dia pemimpin dari grup 7 dosa besar. Di dalam 7 anggota itu, ada dosa kemalasan, dosa rakus, dosa iri, dosa sombong, dan dosa-dosa lainnya. Masing-masing dari mereka memiliki kekuatan, dan semuanya kuat.

Mereka difitnah sebagai penjahat, padahal hidupnya di dunia ini saja sebagai penebus dosanya di masa lalu. Mereka baik, tapi difitnah jahat. Di samping itu, pemimpinnya yang bernama Meliodas, dia dikutuk tidak bisa mati. Lalu ada kisah cinta, antara Meliodas dan Elizabeth. Mereka tidak dibiarkan bersama. Padahal sudah saling mencintai selama 3000 tahun. Meliodas dikutuk tidak bisa mati, sementara Elizabeth dikutuk terus mati (lalu reinkarnasi) tiap kali ia ingat kalau Meliodas adalah kekasihnya.

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,3.



genius

10. Dr. Stone

Seluruh dunia tiba-tiba berubah menjadi batu. Selama ribuan tahun, manusia menjadi batu dan mereka masih tetap hidup dalam kondisi itu. Lalu suatu hari, batu yang ada di tubuh seorang manusia tiba-tiba retak. Lalu jadilah ia manusia biasa.

Manusia itu memiliki otak pintar, selama menjadi batu dia menghitung tiap detik dan ia tahu berapa lama waktu yang dilewatinya itu. Sudah lebih dari ribuan tahun. Orang ini adalah seorang ilmuwan, lalu dia membuat ramuan khusus untuk membuat bangsa batu kembali menjadi manusia. Ia akan membangun peradaban baru, membuat teknologi sedikit demi sedikit. Tiap episode  kita akan melihat bagaimana cara pembuatan teknologi ini-itu. Dengan teknologi sains, bisakah Senku membuat dunia batu menjadi semodern dulu?

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,5.



lupin, fujiko, goemon, jigen dan polisi

11. Lupin III Part 5


Lupin punya banyak seri, tapi susah nonton anime ini karena file-nya sudah banyak yang hilang dari internet. Di Netflix pun tidak ada, yang ada cuma Lupin The First versi 3D. Anime ini memiliki alur cerita yang genius, mengisahkan tentang seorang pencuri yang gentleman bernama (Arsene Lupin), di anime disapa sebagai Lupin 3.


Yang seru dari anime ini, Lupin memiliki musuh dimana-mana. Ia jadi incaran polisi dunia, para warga, penjahat di dunia dan pembunuh bayaran. Bayangkan, seluruh dunia menjadi musuh Lupin. Bagaimana cara Lupin hidup jika tiap pergi ke sudut kota ia terus diburu. Di anime Lupin 3 part 5, Anda akan dibawa kabur-kaburan bersama Lupin. Dijamin seru banget.

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,7.



imut banget si bojiii

12. Ousama Ranking


Banyak yang mempermasalahkan grafis anime, padahal grafis yang kurang tajam ini lah yang membuatnya unik. Rasanya seperti menonton film Disney zaman Mickey Mouse dan Donald Bebek. Yang paling istimewa dari anime ini adalah alur ceritanya. Tiap episode, Anda akan langsung dibawa pada plot twist-plot twist mengejutkan. Anda akan bingung membedakan mana orang baik dan orang jahat. Pokoknya super duper mega plot twist.


Alur ceritanya sendiri tentang raksasa yang kekuatannya diambil atau hilang atau dikutuk, ia tidak memiliki otot sedikitpun di tubuhnya. Yang seharusnya tubuhnya besar, raksasa ini malah hanya setinggi Upin Ipin, lebih pendek deh. Selain itu dia bisu, tidak bisa bicara dan tuli. Awal menonton anime ini Saya langsung banjir air mata. Animenya memang sedih, tapi sedihnya itu beda. Soalnya Boji (nama raksasa) gemesin banget. 

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,8.



trio macan

13. Attack on Titan


Kalian pasti tahu dengan anime ini. Menceritakan tentang Eren yang membalaskan dendam atas perbuatan raksasa yang menelan ibunya di depan matanya sendiri. Eren membenci raksasa tapi ternyata dia raksasa juga. Eren pun menjadi raksasa yang berdiri di pihak manusia. Ia berjuang bersama teman-temannya melawan raksasa yang muncul serta mencari tahu apa yang terjadi di balik dinding tinggi yang mengurung hidup mereka.


Ceritanya unik, berbeda dari yang lain. Romance-nya pun dapat. Kisah romantis yang terjalin antara beberapa pemain sangat tersembunyi, Anda harus jeli memperhatikan tatapan para tokoh untuk mengetahui ‘kisah romance’ tersembunyi ini, terlebih kisah antara Eren dan Mikasa. Mungkin kalian sudah banyak melihat spoilernya di TikTok. Jadi yaa begitulah, unik.

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9.0.



jujutsu kaisen gank

14. Jujutsu Kaisen


Menonton Jujutsu Kaisen karena banyak orang ganteng dan cantik? Ini salah satu alasan kenapa Anda harus menontonnya. Tapi Saya sendiri menonton Jujutsu Kaisen karena ceritanya yang keren. Berawal dari ketertarikan dari dialog MC dengan kakeknya, “Manusia harus mati dengan cara yang wajar.” Dari situlah ia berjuang masuk ke sekolah dukun untuk membunuh siluman-siluman jahat yang ada di sekeliling kita tapi tidak terlihat oleh mata biasa.


Melihat Jujutsu Kaisen membuat Saya teringat Naruto. Di dalam tubuh MC bersemayam Sukuna (Saya menganggapnya seperti Kurama). Jadi konfliknya nanti juga ada cara menaklukkan Sukuna agar mau berpihak dengan MC. Tentu saja ceritanya berbeda dengan Naruto, hanya saja alur cerita seperti itu lah yang membuat Saya tertarik. 

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,0.



menahan bumi dari kehancuran

15. One Punch Man


Alur paling seru itu saat melihat MC dari lemah menjadi kuat. Tapi bagaimana jika dari awal MC-nya sudah kuat? Awal Saya menonton Saya pikir membosankan, apanya yang seru kalau dari awal MC-nya sudah hebat?


Ternyata Saya salah. One Punch Man tetap seru ditonton. Karena kekuatan MC-nya belum dianggap, tidak ada yang tahu kalau dia kuat. Jadi konfliknya bukan soal dari lemah ke kuat, tapi dari yang gak dianggap menjadi dianggap. Soalnya si MC dari awal episode selalu diremehkan, dia selalu menumpas kejahatan tapi kehebatannya itu tidak pernah ada yang melihat. Orang-orang menganggap MC kita adalah manusia lemah. Hahaha, belum lihat aja dia bisa menghancurkan monster dalam satu kali pukulan.

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 8,8.



ganteng banget

16. Dororo


Berkisah tentang seorang kepala desa yang menumbalkan anaknya agar desanya menjadi subur, tidak kemarau dan hidup makmur. Tumbal tersebut mengambil seluruh tubuh anak tersebut. Ia lahir hanya dengan tulang kepala dan beberapa daging kecil dengan kelenjar darah. Tidak ada mata, kuping, hidung dan telinga. Singkat cerita anak cacat itu dibuang ke sungai, lalu diasuh oleh orang yang menemukannya.


Sepanjang alur cerita, Anda dibawa pada perjalanan tumbal merampas kembali tubuh yang hilang diambil iblis. Cara agar tubuhnya kembali adalah dengan membunuh iblis. Ceritanya penuh akan nilai-nilai kehidupan. 

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 8,7.



moriarty gank

17. Moriarty The Patriot


Tahukah Anda dengan Sherlock Holmes? Detektif terhebat di dunianya? Tahukah Anda dengan Moriarty? Penjahat paling genius yang menjadi musuh bebuyutan Sherlock Holmes? Meskipun Moriarty jahat, tapi ia melakukan kejahatan untuk kebaikan orang-orang. Dia berusaha membunuh dan menghabisi bangsawan-bangsawan sampah yang membuat rakyat menderita. Dengan membunuh, Moriarty akan membuat susunan pemerintahan yang baru dengan orang-orang bersih di atasnya.


Di anime ini, Anda akan dibuat bingung akan memihak yang mana. Apakah Sherlock (orang baik) atau Moriarty (orang jahat dengan maksud baik). Pecinta cerita misteri dan detektif pasti suka dengan anime satu ini.

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,4.



cheeese

18. The God of Highschool


Dari semua anime yang pernah Saya tonton, Saya paling menyukai grafis anime ini. Rasanya itu berbeda. Seperti melihat manhwa hidup (ceritanya dibuat berdasarkan cerita Webtoon). Anime ini mengisahkan tentang pertempuran, beladiri, pertarungan dan sejenisnya.


Ceritanya seru, Saya agak lupa bagaimana ceritanya. Yang Saya ingat itu pertempuran epik mereka. Benar-benar epik! 100 buat pertempuran mereka. Saya paling suka jenis kekuatan yang digunakan MC, tongkat super yang bisa memanjang dan memendek. Kalau lihat lagi rasanya waaah. Sulit dijelaskan. Pertempurannya seru banget pokoknya mah.

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,4.



zero two

19. Darling in The Franxx


Genre romantis dan action-nya seimbang. Pertarungan ada, percintaan juga banyak. Sebenarnya Saya menyukai Darling in The Franxx karena kisah cintanya. Ending cerita benar-benar tidak terduga. Kalau Saya bilang sekarang takut spoiler. Sepanjang epsiode Anda akan kesemsem dengan Hiro dan Zero Two.


Konflik ceritanya menurut Saya agak nganu, di anime ini membahas soal wanita dan pria, tapi mereka tidak diperbolehkan saling mencintai. Tidak boleh menikah tapi ada sebutan ‘Darling’. “Kamu Darlingku.” Berarti kamu pasanganku. Susah menjelaskannya, pokoknya seru. Apalagi endingnya yang benar-benar membuat kita menghela napas sesak. 

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,3.



kiseki no sedai

20. Kuroko no Basket


Bercerita tentang olahraga basket yang hebat. Kelima pemain basket itu pro semua. Mereka merasa bosan dengan tim mereka yang terlalu jago. Kemenangan diraih begitu mudah seperti membalikkan telapak tangan. Karena terlalu membosankan, mereka pun bubar lalu membentuk tim-tim mereka sendiri.


Anime ini akan membawa kita pada pertempuran siapa pemenang dari anggota-anggota jagoan itu. Setelah menonton animenya, jangan lupa nonton film. Paling seru menonton film, tapi enak nonton film tanpa menonton animenya juga rasanya tak akan seru seperti yang Saya ceritakan.

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,5.



anime genre comedy campur olahraga

21. Haikyuu


Anime bergenre olahraga, menceritakan tentang voli. Pria bertubuh pendek yang ingin menjadi pemain voli handal. Dengan kemampuan lompatannya yang tinggi, orang pendek ini akan berjuang bersama teman-teman merebut kemenangan.


Jadi ceritanya nanti tentang pertarungan antar tim sekolah (karena mereka masih SMA). Melawan tim-tim hebat. Kalah atau menang belum pasti. Dengan selipan komedi, anime ini tidak akan mmbuat bosan. Dulu Saya mencoba menonton dari episode 1-5, awal menonton rasanya “Hmm oke.” Seterusnya ketagihan! Anime ini seru banget walaupun alurnya mudah ketebak. Latihan-lomba-jadi kuat-menang.

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,5.



meruem dan komugi

22. Hunter x Hunter


Berikut Saya sebutkan beberapa hal menarik dari anime ini: banyak penjahatnya, penjahatnya keren dan ganteng, ada pihak-pihak yang membuat Saya bingung dia jahat atau tidak (Hisoka), alur cerita tentang petualangan Gon mencari ayahnya, dan beberapa cerita tambahan yang seru diikuti.


Terlepas dari Gon dan Killua (dua bocil yang menjadi tokoh utama), Saya sangat terhanyut dengan kisah cinta Meruem dan Komugi. Meruem adalah seorang penjahat berkebangsaan semut, dia membunuh siapa saja yang dilihatnya. Kalau dia tidak senang, maka mati lah orang itu. Suatu hari ia bertemu Komugi, dia adalah wanita buta yang pandai bermain catur. Kemudian Meruem jatuh cinta. Tamat. Menurut Saya, kisah percintaan mereka menempati posisi ketiga setelah Eren-Mikasa dan sebelum Meliodas-Elizabeth. Sulit diutarakan dengan kata-kata betapa dahsyatnya cerita cinta mereka. Bayangkan saja, penjahat kelas kakap yang membunuh orang tanpa pikir, jatuh cinta dengan gadis buta. Gimana caranya!? Padahal kalau Meruem tidak jatuh cinta, dia bisa menjadi penjahat terkuat sepanjang dunia Hunter x Hunter.

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,3.


pengisi suara yang cewek adalah pengisi suara yang sama dengan nami one piece

23. Lovely Complex

Ceritanya full comedy, rilis tahun 2007, grafiknya tidak begitu bagus, tapi! Alurnya dan komedinya keren banget. Anime zaman dulu tuh seru-seru, komedinya gak garing, dan gak membosankan.


Ceritanya sendiri tentang wanita tinggi dan laki-laki pendek yang saling naksir. Dulunya musuh bebuyutan, mereka mendapatkan julukan ‘pasangan komedi’ karena kalau mereka bareng-bareng selalu bikin orang di sekitarnya tertawa karena pertengkaran mereka. Si cewek yang mulai suka duluan, awalnya gengsi, tapi lama-lama dia yang berjuang, sayangnya si cowok tidak peka. Pas cowoknya tahu pun perasaannya ditolak terus. Masalahnya tuh sebenernya simpel, si cowok minder sama tinggi badannya, tapi kalau lihat kisah mereka, meski simpel, tapi complex juga. Saya sampai nangis sesenggukan karena lihat si cewek ditolak terus, serta tidak berdaya karena perasaannya gak mau hilang. Ini adalah anime romance terbaik menurut saya.

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,5.


ini dokter kenzo tenma, ceritanya berlatar di jerman

24. Monster


Menceritakan tentang kisah seorang dokter bedah jenius yang menyelamatkan nyawa orang yang salah, banyak pasien berhasil ia selamatkan padahal tingkat operasinya itu sulit. Lalu suatu hari, ada seorang anak kembar terkena kasus perampokan, si anak cewek mengalami trauma berat, dan si anak cowok kena tembakan tepat di kepalanya. Kedua orang tua mati terbunuh, tersisa dua anak itu saja.


Dokter pun menyelamatkan si anak yang tertembak. Dia sampai menolak mengoperasi wali kota demi menyelamatkan anak tersebut. Nyawa sang anak laki-laki berhasil diselamatkan, tapi tidak dengan nyawa wali kota. Setelah kejadian itu jabatan dokter diturunkan, kekasihnya pergi meninggalkannya, dan satu fakta mengerikan lagi bahwa anak laki-laki yang ia selamatkan itu sebenarnya adalah seorang monster. Psikopat gila yang membunuh orang tuanya. Padahal masih kecil, tapi bisa memegang pistol, bagaimana saat besar nanti? Singkatnya, dokter telah menyelamatkan nyawa seorang pembunuh. Alur ceritanya benar-benar seru sekali.

Rate dari 1 sampai 10, Saya nilai anime ini 9,3.


Saya sudah banyak menonton anime sejauh ini. Tapi hanya daftar di atas saja yang Saya tuliskan karena belum tertarik menuliskan yang lain. Saya me-review ini karena saya begitu merekomendasikan kepada Anda. Jika tidak Saya tulis, berarti tidak begitu direkomendasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *