Google Maps vs Waze, Bagus Mana?

Cerdaskan.com – Seringkali orang membandingkan antara Google Maps vs Waze, mana yang lebih baik. Sebenarnya kedua aplikasi GPS ini adalah aplikasi navigasi yang sangat populer di dunia dan memiliki fitur yang sangat berguna dalam membantu penggunanya mencapai tujuan mereka dengan lebih mudah dan efisien. Untuk mendapatkannyapun dapat diunduh dengan gratis di Play Store maupun App Store. Walaupun secara fungsi dasar keduanya memiliki kesamaan yaitu sebagai panduan arah bagi penggunanya, namun kedua aplikasi ini memiliki perbedaan dalam beberapa hal.

Berikut Perbandingan Google Maps vs Waze

Google Maps, satu dari sekian fitur unggulan Google Inc., menyediakan informasi yang sangat lengkap tentang rute terbaik untuk mencapai tujuan yaitu kondisi lalu lintas rute jalan, jarak tempuh, masa tempuh yang selalu terupdate berdasarkan kecepatan dan kondisi rute jalan. Selain itu, Google Maps juga menyediakan pilihan rute alternatif dan informasi detail tentang tempat-tempat penting di sekitar lokasi dan sepanjang jalan pengguna, misalnya pompa bensin, restoran, toko, kantor pemerintahan.

Orang berkendara dengan GPS

Kelebihan Utama Google Maps

  1. Bisa digunakan untuk navigasi mobil, motor, bus (kendaraan umum), sepeda maupun berjalan kaki
  2. Menggunakan data yang didapat secara otomatis
  3. Tidak harus terhubung dengan internet
  4. Tampilan sangat informatif dengan informasi tempat-tempat sekitar selama perjalanan

Sedangkan Waze besutan Waze Ltd., di sisi lain memiliki fokus yang lebih kuat pada informasi lalu lintas terkini diantaranya memberikan peringatan lalu lintas yang akurat dan real-time. Waze memungkinkan penggunanya untuk secara aktif berpartisipasi dalam komunitas pengguna dengan memberikan informasi situasi dan kondisi lalu lintas yang dilalui dan peringatan bila sekiranya terjadi kemacetan atau kecelakaan di sekitar pengguna.

Kelebihan Utama Waze

  1. Memfokuskan navigasi dengan pennggunaan mobil
  2. Menggunakan data otomatis dan crowd sourcing (pengkinian data dari orang banyak)
  3. Harus terhubung dengan internet
  4. Tampilan menarik dengan icon kendaraan yang dapat diganti sesuai keinginan pengguna

Jadi bila ditanya atau diadu Google Maps vz Waze bagus mana, jawabannya tergantung pada preferensi sang pengguna. Bila pengguna lebih membutuhkan informasi tentang rute terbaik berikut informasi tempat-tempat di sekitar, maka Google Maps boleh menjadi pilihan yang paling tepat. Namun bila pengguna membutuhkan informasi lalu lintas yang real-time, ada peringatan kemacetan dan kejadian lalu lintas (kecelakaan), maka Waze merupakan pilihan yang lebih tepat. Namun, baik Google Maps maupun Waze, keduanya adalah aplikasi yang bermanfaat dan dapat membantu pengguna mencapai tujuan mereka dengan lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *