Gulungan Papirus Kuno

Gulungan Papirus Kuno

Cerdaskan.com Gulungan papirus kuno adalah lembaran papirus yang digulung menjadi bentuk gulungan. Papirus sendiri adalah bahan baku yang digunakan untuk menulis pada masa kuno sebelum ditemukannya kertas. Papirus dibuat dari serat tumbuhan yang ditemukan di sepanjang tepi Sungai Nil di Mesir.

Gulungan papirus menjadi bentuk yang paling umum digunakan untuk menulis pada masa lampau. Sebuah gulungan papirus dapat mencapai panjang lebih dari sepuluh meter dan bisa dihiasi dengan gambar-gambar dan tulisan-tulisan dalam bahasa Mesir Kuno atau bahasa Yunani.

Meskipun penggunaan gulungan papirus telah berkurang seiring waktu, tetapi beberapa gulungan papirus yang masih ada dari masa lalu memberikan petunjuk tentang kebudayaan dan sejarah pada masa lalu, seperti gulungan papirus yang berisi naskah-naskah Alkitab dan karya-karya sastra klasik.

Siapa Penemu Gulungan Papirus Kuno?

Gulungan papirus pertama kali dibuat oleh bangsa Mesir kuno pada sekitar tahun 2400 SM. Namun, penemu tepatnya tidak diketahui karena fakta ini terjadi sebelum sejarah tertulis.

Para arkeolog dan sejarawan percaya bahwa penggunaan papirus sebagai bahan tulis mungkin muncul secara alami karena tumbuhan papirus yang melimpah di tepi sungai Nil. Proses pembuatan papirus kemudian ditemukan dan disempurnakan oleh orang Mesir Kuno.

Berdasarkan catatan sejarah, peradaban Mesir kuno memiliki perpustakaan yang sangat besar yang memuat ribuan gulungan papirus. Gulungan papirus juga ditemukan dalam kota-kota masa lalmpau lainnya seperti Babilonia dan Yunani.

Beberapa Naskah Gulungan Papirus Yang Terkenal

Ada beberapa naskah gulungan papirus yang terkenal dan dianggap sangat penting dalam sejarah dan kebudayaan manusia. Beberapa di antaranya adalah:

1.Gulungan Papirus Ebers

Dalam naskah Ebers ini berisi pengetahuan medis Mesir Kuno dan merupakan salah satu naskah medis tertua yang masih ada. Gulungan Papirus Ebers diperkirakan dibuat pada sekitar tahun 1550 SM.

2.Gulungan Papirus Kuno Ramesseum

Naskah ini berisi tentang kisah-kisah mitologi Mesir dan merupakan salah satu gulungan papirus terpanjang yang ditemukan. Gulungan papirus ini diperkirakan dibuat pada sekitar tahun 1300 SM.

3.Gulungan Papirus Abbot

Gulungan papirus ini berisi teks-teks filosofis dan retorika dari dunia klasik, termasuk karya-karya dari Plato, Aristotle, dan Hippocrates. Gulungan papirus Abbot diperkirakan dibuat pada sekitar abad ke-3 SM.

4.Heracleopolis

Naskah dalam gulungan ini berisi tentang teks-teks hukum Mesir Kuno dan merupakan salah satu naskah hukum tertua yang masih ada. Gulungan papirus Heracleopolis diperkirakan dibuat pada sekitar abad ke-20 SM.

5.Dead Sea Scrolls

Gulungan papirus ini berisi tentang teks-teks agama Yahudi Kuno dan dianggap sangat penting dalam memahami perkembangan agama Yahudi dan Kristen. Naskah Dead Sea Scrolls diperkirakan dibuat pada sekitar abad ke-2 SM hingga abad ke-1 Masehi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *