8 Aplikasi AI Terbaik

Cerdaskan.com – Berikut adalah 8 aplikasi AI terbaik untuk menunjang produktivitas yang dapat Anda gunakan. Seiring dengan berkembang pesatnya dunia tekhnologi digital informasi, teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence – disingkat menjadi AI) telah menjadi kunci untuk mempercepat tugas sehari-hari pula meningkatkan produktivitas bisnis. Banyak hal mengejutkan dihadirkan oleh tekhnologi ini, diantaranya adalah filter AI yang dapat mengubah foto manusia dan hewan menjadi avatar (karakter fiksi) yang menarik.

Aplikasi AI

ChatGPT
Aplikasi AI multifungsi buatan OpenAI ini menjadi banyak perbincangan hangat masyarakat dunia. Dilatih oleh manusia, aplikasi ChatGPT dikembangkan untuk memiliki banyak kemampuan. Beberapa di antaranya adalah membuat konten, menjawab pertanyaan rumit penggunanya, hingga memberikan solusi permasalahan.

Selain mampu memahami bahasa manusia, aplikasi ChatGPT juga sanggup memberikan respon secara natural layaknya manusia. Walaupun masih dalam versi Beta, Anda dapat mengakses aplikasi ini secara gratis melalui situsnya. Apalagi, ada banyak pengaturan bahasa yang disediakan termasuk bahasa Indonesia.

Mitsuku
Mitsuku adalah chatbot AI yang memenangkan penghargaan dan dikembangkan oleh Pandorabots. Aplikasi ini mampu melakukan percakapan yang menyerupai manusia dan dapat memberikan jawaban atas berbagai jenis pertanyaan.

Kuki
Kuki adalah aplikasi chatbot AI yang memungkinkan pengguna untuk melakukan percakapan dengan karakter animasi. Aplikasi ini dapat membantu pengguna dengan berbagai tugas, seperti memberikan rekomendasi makanan atau menjawab pertanyaan tentang topik tertentu. Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk bermain game bersama pengguna.

Woebot
Woebot adalah chatbot AI yang dibuat untuk membantu pengguna mengatasi masalah kejiwaan, seperti stres dan kecemasan. Aplikasi ini menggunakan teknik kognitif perilaku untuk membantu pengguna merasa lebih baik.

Hugging Face
Hugging Face adalah aplikasi chatbot AI yang dapat membantu pengguna dengan berbagai tugas, seperti memberikan rekomendasi produk atau menjawab pertanyaan tentang topik tertentu. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur untuk memperbaiki tata bahasa dan ejaan.

Replika
Replika adalah aplikasi AI yang dirancang untuk meniru perilaku dan kepribadian pengguna. Aplikasi ini menggunakan teknologi machine learning untuk belajar dari pengguna dan menyediakan dukungan emosional.

Lensa AI
Selanjutnya adalah aplikasi artificial intelligence bernama lensa AI. Aplikasi ini sanggup mengubah foto penggunanya menjadi avatar. Adapun untuk pilihan model Avatar tersedia berbagi macam antara lain dalam bentuk kartun, anime, lukisan realistis, dll. Aplikasi ini tersedia baik di platform OS Android maupun iOS.

Penggunaannya cukup mudah. Pertama kali siapkan foto-foto yang akan Anda ubah. Selanjutnya cukup ikuti panduan instruksi yang ada dan foto Anda akan berubah menjadi seperti Avatar yang Anda pilih. Selain Lensa AI, ada pula beberapa pilihan aplikasi serupa lainnya seperti Dream, Dawn, dan Wonder.

Google Assistance
Aplikasi AI ini merupakan keluaran Google Inc. Aplikasi Virtual Assistant ini akan langsung tersematkan otomatis di smartphone pada saat Anda melakukan registrasi akun Google di perangkat smartphone Anda. Sesuai dengan fungsinya sebagai Virtual Assistant, aplikasi ini memiliki banyak kegunaan. Anda dapat bertanya banyak hal pada aplikasi ini termasuk memberikan perintah umum misalnya “wake me up at 5 am”.

Pertanyaan atau perintah yang Anda berikan bisa berupa teks / ketikan maupun suara. Serupa dengan Google, Apple juga memiliki aplikasi Virtual Assistant yang diberi nama Siri.

Demikian 8 Aplikasi AI Terbaik untuk Meningkatkan Produktivitas yang kami rekomendasikan. Tentunya masih ada banyak pilihan aplikasi lain yang serupa. Namun demikian, melihat sekian banyaknya aplikasi AI yang ada, kita harus akui bahwa artificial intelligence semakin memiliki peran penting dalam menunjang kegiatan sehari-hari bagi banyak pihak. Baik anak sekolah, mahasiswa, pebisnis, dan lain-lain, tak dapat disangkal AI sangat untuk membantu tugas dan aktifitas kita.

Yang terakhir, kami sarankan alangkah baiknya bila Anda menggunakan smartphone atau laptop keluaran terkini yang spesifikasinya cukup canggih guna memastikan performanya mendukung penggunaan aplikasi-aplikasi diatas. Selamat mencoba..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *