Cara Membuat Lokasi di Google Maps Paling Mudah

Cerdaskan.com – Siapa pun pastinya sangat terbantu dengan keberadaan Google Maps baik ketika melakukan perjalanan sendiri ataupun saat mencari alamat seseorang yang belum pernah dikunjungi. Namun meski hampir semua orang tahu bagaimana cara untuk menggunakan Google Maps, tak semua orang tahu bagaimana cara membuat lokasi di Google Maps dengan baik dan benar.

Lalu apa saja langkah dan cara yang harus dilakukan untuk membuat sebuah lokasi agar bisa terlihat di Google Maps sehingga lebih mudah dicari dan diakses orang banyak?

Cara Membuat Lokasi di Google Maps dengan Baik dan Benar

Cara Membuat Lokasi di Google Maps dengan Mudah, Baik dan Benar

Dilansir dari laman WikiHow, My Maps merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh Google Maps yang memberikan peluang untuk semua pengguna bisa membuat serta menyimpan peta milik mereka. Dimana di dalamnya akan dilengkapi dengan berbagai keterangan dan informasi dari tempat serta rute, sekaligus dengan teks dan beragam bentuk informasi lainnya seperti foto atau gambar.

Foto dan informasi di dalam Google Maps sifatnya terbuka untuk dipublikasikan untuk kepentingan banyak orang maupun untuk kepentingan pribadi. Saat ini Google Maps menjadi salah satu layanan online yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk mencari sebuah alamat, mencari rute menuju ke lokasi acara hingga mendapatkan informasi lalu lintas yang paling update.

Ada banyak sekali keuntungan dan kegunaan yang bisa didapatkan jika alamat Anda terdaftar dan terlihat di Google Maps. Terutama jika Anda sedang menjalankan sebuah bisnis, hal itu akan mempermudah bisnis Anda ditemukan dan dikenal masyarakat luas. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat lokasi agar terdaftar di Google Maps.

  1. Unduh dan install terlebih dahulu aplikasi Google Maps di perangkat HP Android atau iOS Anda
  2. Log in terlebih dahulu jika Anda belum masuk ke akun Google milik Anda, dapatkan tombol Log In yang berada di pojok sebelah kanan atas laman Google Maps
  3. Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi kemudian pilih menu tab contribute yang ada di ikon dengan tanda plus (+) yang kemudian akan terlihat laman baru yang memiliki menu untuk “Add a Missing Place / Tambahkan Tempat”
  4. Ketika Anda meng-klik menu tersebut, kemudian akan muncul formulir yang harus diisi datanya secara lengkap. Anda bisa memilih kolom “Add Name” untuk menuliskan nama lokasi yang diinginkan.
  5. Pilih kolom yang bertuliskan “Add Address” untuk menampilkan alamat lengkap dan “Add Category” untuk mengubah kategori yang dimiliki. Isikan semua informasi yang dibutuhkan untuk membuat lokasi di Google Maps seperti nama bisnis, alamat lengkap, jam operasional, kategori, nomor kontak, galeri foto dan website.
  6. Agar supaya titik alamat yang Anda buat lebih akurat hasilnya, sebaiknya klik “Update Location on Map / Perbarui Lokasi di Peta” lalu arahkan ikon lokasi pada titik bangunan fisik yang ada di alamat yang sedang didaftarkan di Google Maps.
  7. Cek kembali isi formulir yang baru saja diisi, jika dirasa semua sudah benar maka Anda bisa langsung mengirim formulir tersebut dengan cara klik tombol “Send” dengan symbol berbentuk pesawat kertas yang terletak di sebelah pojok kanan bagian atas.
  8. Sekarang prosedur cara membuat lokasi di Google Maps sudah selesai Anda lakukan.

Proses Pembuatan Google Maps

Penting untuk dipahami bahwa meski Anda sudah selesai melakukan cara membuat lokasi di Google Maps, tidak lantas lokasi tersebut akan langsung terlihat di peta Google. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui setelah mendaftarkan lokasi di Google Maps, yaitu :

Dilakukan Peninjauan Terlebih Dahulu

Setelah proses pendaftaran selesai, Anda harus bersabar menunggu lokasi yang didaftarkan mengalami peninjauan terlebih dahulu. Setelah itu, bersabar untuk menunggu sampai penanda tempat menemukan penanda tempat atau lokasi yang didaftarkan tersebut.

Akurasi Lokasi

Pastikan alamat atau lokasi dari bisnis yang Anda miliki sudah tepat dan sesuai sehingga bisa mendapatkan pembuatan lokasi di Google Maps yang akurat

Perbarui Aplikasi Google Maps

Jika Anda menemui kesulitan atau kendala ketika melakukan cara membuat lokasi di Google Maps, cara mengatasi yang pertama adalah dengan memperbarui aplikasi menjadi Google Maps yang terbaru

Belum Dianggap Sebagai Pemilik Lokasi

Google membuat desain Google Maps dengan lokasi yang bisa diakses oleh semua orang, termasuk ketika mereka ingin berperan serta untuk melengkapi alamat dari tempat atau lokasi yang Anda daftarkan.

Jika ingin mendaftarkannya sebagai hak milik, dibutuhkan prosedur tambahan dan langkah verifikasi sehingga bisa melakukan klaim bahwa lokasi yang dimaksud merupakan milik Anda secara resmi.

Fitur Unggulan Google Maps

Di dalam layanan Google Maps, Anda juga bisa menemukan beberapa fitur unggulan yang bisa dimanfaatkan ketika membuat alamat untuk terdaftar di Google Maps. Di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Layanan Local Guide yang bisa dilakukan oleh setiap pengguna Google Maps
  • Fitur yang berfungsi sebagai layanan untuk pesan transportasi online secara langsung
  • Fitur berbagi lokasi bisa dibagikan langsung dengan orang lain secara real time
  • Tersedia peta secara offline yang bisa diakses oleh semua pengguna meskipun tanpa menggunakan akses internet
  • Bisa melakukan pesanan restoran atau rumah makan tanpa harus melalui antrian panjang
  • Bisa melihat lokasi yang sebelumnya sudah pernah dikunjungi lengkap dengan keterangan waktunya
  • Peta di Google Maps bisa diperbesar atau diperkecil sesuai kebutuhan pengguna

Tips Agar Lokasi di Google Maps Tetap Aman Terjaga

Layanan Google Maps diketahui diberikan secara gratis oleh pihak Google sehingga bisa digunakan semua kalangan masyarakat tanpa kecuali. Anda juga tak perlu meragukan sistem keamanannya, karena dengan melakukan verifikasi maka keamanan dari lokasi yang didaftarkan akan terjamin dengan baik. Berikut beberapa cara untuk menjamin keamanan dari lokasi yang didaftarkan di Google Maps :

  • Lakukan verifikasi keamanan lokasi
  • Rutin mengubah kata kunci email yang dipakai untuk melakukan verifikasi akun Google Maps
  • Jangan berikan informasi pribadi pada sembarang pihak atau orang lain

Manfaat Mendaftarkan Lokasi Kita di Google Maps

Dengan melakukan beberapa langkah tersebut dalam cara membuat lokasi di Google Maps, maka data lokasi yang sudah Anda daftarkan akan terjaga dengan aman dan tak ada pihak lainnya yang bisa mengakses lokasi tersebut kecuali Anda sendiri. Google Maps hingga saat ini memiliki banyak sekali kegunaan untuk masyarakat luas seperti :

  • Membuat bisnis yang baru dirintis bisa lebih dikenal luas oleh masyarakat
  • Meningkatkan peluang bisnis lebih dikenal produk dan jasanya melalui online sehingga target pasar pun lebih luas
  • Menjadi sarana promosi gratis untuk bisnis yang sedang ditekuni
  • Memudahkan target pasar atau customer untuk mengakses dan mendapatkan informasi tentang bisnis Anda
  • Google Maps juga bisa membantu untuk optimasi local SEO pada bisnis Anda sehingga bisa menduduki posisi paling atas di mesin pencarian Google

Penutup

Itulah beberapa langkah mudah cara membuat lokasi di Google Maps khususnya untuk kepentingan bisnis Anda. Semoga setelah mendaftarkan lokasi bisnis Anda di Google Maps, usaha Anda semakin berkembang. Selamat Mencoba..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *