5 Amanat Cerita Kidang Kencana dan Ringkasan Ceritanya

kidang kencana


Kidang Kencana dalam bahasa Indonesia artinya kijang emas. Kidang adalah kijang, dan kencana adalah emas.


Cerita rakyat yang populer dalam bahasa Jawa ini menceritakan tentang Kijang Emas yang mencuri perhatian Dewi Sinta sehingga membuatnya dicuri oleh Rahwana (pemeran antagonis pada cerita). Dia mencintai Dewi Sinta tapi Dewi Sinta tidak menyukainya karena ada Rama di hatinya.


Untuk mencari tahu amanat cerita Kidang Kencana, kamu harus tahu alur ceritanya dulu. Sudahkah kamu mengetahui alurnya? Biarkan saya menceritakannya secara singkat sebagai berikut. 


Ringkasan Cerita Kidang Kencana


Saat itu Dewi Sinta, Rama dan Lesmana baru saja mendapatkan hukuman buang selama 15 tahun. Mereka menjauh dari keramaian, melewati hutan dan di tengah perjalanan Sinta menemukan kijang emas yang sangat cantik.


Dia meminta Rama menangkapnya, lalu Rama pun memenuhi permintaan tersebut. Selagi dia pergi, ia meminta Lesmana untuk menjaga kekasihnya itu.


Rama mengejar kijang tersebut ke dalam hutan, dia mengikuti jejak kakinya, dan tidak sadar dia telah berjalan cukup jauh dari lokasinya tadi. Hutan itu kini tampak gelap karena tidak memperoleh penyinaran dari cahaya matahari. Meski begitu, dia tidak takut dan tetap mencari kijang emas tadi.


Akhirnya dia menemukannya, dia menembak kijang itu tapi uniknya kijangnya malah hilang. Bersamaan hilangnya kijang tersebut, memunculkan raksasa Kalamarica yang berteriak kencang. Teriakannya sampai terdengar di telinga Sinta. Wanita itu pun khawatir dan meminta Lesmana menghampiri Rama.


Tapi Lesmana tidak mau. Karena dari awal dia ditugaskan menjaga Sinta. Namun Sinta malah mengatakan, “Jadi begini sifatmu? Diam-diam kamu ingin memiliki aku ya, sampai tega membiarkan Rama celaka di dalam sana?”


Lesmana menjelaskan, bukan begitu maksudnya. Dia hanya menjalankan tugas dan dia sangat setia kepada Rama. Karena desakan Dewi Sinta, pada akhirnya Lesmana pergi ke dalam hutan. Sebelum pergi, dia membuat lingkaran ajaib dan meminta Sinta untuk jangan keluar dari lingkaran tersebut.


Di tengah hutan, Lesmana bertemu dengan Rama yang baik-baik saja. Rama langsung panik, kenapa Lesmana ada di sini?


Di sisi lain, secara aneh Sinta menemukan kakek tua yang sedang mencari kayu bakar. Hati kecilnya merintih kasihan. Dia menolong kakek itu yang haus dengan memberikan secangkir minum. Satu tangannya keluar dari lingkaran yang Lesmana buat. Kemudian kakek itu menarik tangan Sinta, dan ternyata kakek itu adalah jelmaan sosok Rahwana yang ingin menculik Sinta.


Singkat cerita, Sinta pun berhasil diculik. 


Amanat Cerita Kidang Kencana


Ada beberapa amanat cerita Kidang Rencana. Berikut adalah di antaranya:


1. Jika sudah diberi suatu perintah, maka perintah tersebut harus dijalankan dengan baik. 


Termasuk untuk tidak meninggalkan Sinta sendirian, dan untuk Sinta, kamu dilarang mengeluarkan tangan kamu dari lingkaran tersebut, tapi kamu malah melanggarnya.


2. Jangan terlalu cepat berburuk sangka. Setiap orang punya alasan saat berbuat sesuatu.


Berpikir bahwa Lesmana tidak mau menolong Rama karena tertarik pada Sinta adalah bentuk kepercayaan diri akut yang memalukan. Lesmana melindungi kamu karena Rama menyuruhnya, bukan karena tertarik padamu.


3. Tidak semua hal indah itu baik dan harus dimiliki. 


Cara menikmati keindahan adalah dengan memandanginya, bukan memilikinya. Apalagi jika hal indah itu ditemukan di tempat yang berbahaya seperti hutan. Ada banyak jebakan di dunia ini, jangan mudah tertarik pada sesuatu.


4. Tetaplah bersikap waspada dan berhati-hati meski kepada orang lemah sekalipun.


Pahami perbedaan waspada dan berburuk sangka. Waspada adalah sikap berhati-hati. Sementara berburuk sangka berpikir bahwa dia sudah pasti orang jahat. 


5. Jangan mudah terobsesi dengan gemerlapnya dunia, nanti malah celaka.


Ini sama saja dengan jangan terlalu memuja kecantikan, keindahan atau sejenisnya. Gak semua yang indah itu baik.


Kalau yang kamu perlukan adalah amanat cerita Kidang Kencana dalam bahasa Jawa, kamu cukup translate saja di Google. Terus kalau amanatnya kurang banyak, kamu bisa mengidentifikasi sendiri dengan membaca ringkasan cerita Kidang Kencana. Ini gampang banget loh, cari amanat cerita itu semudah mencari uang di dompet Bapakmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *