Cara Menulis di GoodNovel Dapat Uang

aplikasi yang menarik

Saat ini ada banyak platform menulis yang penulisnya dibayar, contohnya Novelme, Storial, Noveltoon dan lain-lain. Wattpad? Di sana juga bisa dapat bayaran tapi syarat yang harus dipenuhi susah banget. Minimal cerita yang akan dipaid stories-kan terdiri dari 50.000 kata.

Lalu bagaimana dengan GoodNovel? Seberapa menguntungkan GoodNovel untuk penulis? Saya sedang bertanya, tolong dijawab.

Cara Menulis di GoodNovel agar Dapat Uang

Alangkah baiknya kamu sudah memiliki naskah novel yang sudah siap jadi. Jikapun masih on going, usahakan minimal punya naskah novel dengan jumlah kata 5.000. Terus harus punya cover. Kalau sudah punya 2 hal ini (cover dan naskah 5.000 kata), kamu bisa mulai daftarkan diri menjadi penulis Good Novel.

Berikut adalah cara menulis cerita di GoodNovel:

Langkah 1: Mulai Menulis dengan Mendaftarkan Cerita di GoodNovel

Unduh dan buat akun di GoodNovel, kemudian masuk ke menu ‘Profil’.

  • Di menu ‘Profil’, ketuk tombol ‘Pusat Penulis’
  • Klik ‘Buat Cerita Pertamaku’
  • Isi data-datanya seperti cover novelmu, nama buku, pilih bahasa, target pembaca dan usia rata-rata pembaca yang cocok dengan karyamu
isi data-datanya

  • Kemudian klik ‘Next’
  • Di halaman selanjutnya, isi data-data yang diajukan lagi seperti tipe novel, genre, tag, sinopsis singkat dalam 20 hingga 300 kata
contoh saja

  • Di sini ada tombol partisipan. Itu untuk lomba, jika kamu tertarik menyertakan novelmu pada lomba, silakan centang saja
lomba ini bukan cerita dongeng

  • Setelah itu klik ‘Selesai’
  • Di halaman berikutnya, silakan lihat apakah informasi novel sudah benar. Jika sudah benar klik ‘Selesai’
  • Tampilannya akan jadi seperti ini
keterangan novel

Kamu telah menyelesaikan langkah pengisian data-data novel. Apakah langkah-langkahnya sudah selesai sampai di sini? Tidak.

Kamu belum mengajukan kontrak Sayang. Ayo ajukan dulu.

Langkah 2: Cara Mengajukan Kontrak di GoodNovel agar Novel Anda dibayar

GoodNovel memberlakukan syarat kepada seluruh penulis yang ingin mengajukan kontrak, harus membuat beberapa bab cerita yang memuat 5.000 kata.


baca bagian tips

Jadi bukan cuma mengajukan judul, cover dan sinopsis cerita. Kamu juga harus mempublish beberapa bab ceritamu yang jika ditotal memuat 5.000 kata. Cara menulis bab baru di GoodNovel itu begini:


langkah 1
langkah 2

  1. Klik judul atau cover ceritamu

  2. Klik ikon tambah ‘+’

  3. Beri judul bab

  4. Lalu masukkan isi cerita

  5. Setelah itu klik ‘Rilis’

Buat bab lagi kalau bab pertama ceritamu tidak memuat 5.000 kata. Per bab minimal masukkan 100 kata, tapi menurut ketentuan GoodNovel, minimal itu 500 kata dan lebih bagus lagi 1.000 kata.


dulu kalau gak sslah minimlanya 15 ribu kata, sekarang cuma 5 ribu kata

Setelah kamu berhasil mengupload 5.000 kata cerita, silakan klik tombol ini, ‘Apply untuk Kontrak’. Oh iya, pengajuan kontrak ini tidak dapat dilakukan jika buku masih dalam tahap ‘direview’. Tunggu dulu sampai proses review selesai, baru ajukan kontrak. 

Langkah 3: Menunggu Peninjauan 

GoodNovel berbeda dengan Wattpad. Kamu tidak bisa bebas mengupload cerita sesuka hati, mereka memiliki editor yang mereview cerita kamu sebelum dirilis ke pembaca.

Kalian tenang saja, proses peninjauan tidak seketat seperti mengirim naskah ke penerbit mayor. Yang penting ceritamu original, tidak banyak typo dan memiliki susunan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) yang benar.


ini saya ditolak huhu 

Waktu yang dibutuhkan meninjau novel bisa sebulan atau seminggu. Kalau sudah diterima, kamu akan melakukan penandatanganan kontrak. Setelah tanda tangan, novel kamu akan mulai muncul di GoodNovel. Bagaimana dengan novel yang belum diterima kontrak dan ditanda tangani? Novel hanya akan muncul di situs GoodNovel, tidak bisa muncul di aplikasi.

Langkah 4: Apa yang Harus dilakukan Setelah Novel diterima?

Cara menulis novel di GoodNovel telah selesai. Jika kontrak sudah diterima, kamu cukup update cerita setiap hari atau update beberapa kali dalam sepekan.

Makin sering update makin baik, di GoodNovel tidak ada penentuan harus mendapat berapa puluh ribu kata dalam sebulan. Pokoknya sebebas penulisnya saja. Selain update bab, kamu juga bisa meminta kepada editor yang menawari kalian kontrak untuk mengunci bab mulai dari bab berapa? Penguncian bab ini yang menentukan kapan cerita kamu dibaca dengan membayar koin dari pembaca.

Sudah deh. Selanjutnya kamu cari pembaca sebanyak-banyaknya.

Memahami Kontrak di GoodNovel

GoodNovel menawarkan dua jenis kontrak, yaitu exclusive dan non-exclusive.


kontrak goodnovel

Kontrak Exclusive: ceritamu hanya boleh terbit di GoodNovel. Nantinya kamu akan mendapat bonus bulanan yang dihitung berdasarkan jumlah kata.

Misal, jumlah kata novelmu 40.000 kata, kamu bisa dapat uang 200 dollar. 60.000 kata, dapat bonus 300 dollar dan seterusnya. Semakin banyak jumlah kata yang kamu hasilkan, bonusmu akan semakin banyak. Bayaran ini dibayarkan setiap bulan, akan tetapi hanya berlaku jika ceritamu masih on going. Kalau sudah tamat, tidak dapat bonus lagi.

Kontrak Non Exclusive: cerita boleh terbit di tempat selain GoodNovel, misal terbit jadi buku, rilis di Google PlayBook dan sejenisnya. Pada kontrak ini, kamu tidak bisa mendapatkan bonus tadi, tapi tidak apa-apa, karena kamu tetap memiliki keuntungan dari royalti sebesar 50% dari pembelian koin para pembaca. Secara gak langsung, ini artinya kamu harus punya banyak pembaca biar mendapatkan penghasilan di sana. Pendapatan dari kontrak ini bukan cuma dari pembelian koin pembaca di ceritamu, kamu bisa dapat uang 30 USD bila ceritamu mencapai 100.000 kata.

Dari dua jenis kontrak ini, saya yakin kamu lebih tertarik menggunakan kontrak exclusive kan? Sayangnya kontrak ini tidak berlaku untuk novel Indonesia. Walaupun saat pengajuan nanti kamu pilih ‘Kontrak Exclusive’, pada akhirnya editor memberikan kontrak non eksklusif. (Edit: ini masih katanya sih, dicoba saja dulu siapa tahu bisa keterima menggunakan kontrak eksklusiv).

Berapa Minimal Penarikan Penghasilan di GoodNovel?

Penghasilan di GoodNovel hanya dapat ditarik apabila saldo sudah mencapai 100 dollar. Jika kurang dari itu tidak bisa ditarik. 

Begitulah cara menulis di GoodNovel sampai dapat uang. Tertarik menulis di sana? Katanya royalti yang GoodNovel kasih itu terbilang besar daripada platform yang lain. Tapi gak tahu juga sih, ayo coba riset dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *