Cara Membuat Cerita Wattpad Berbayar dengan Paid Story

cara daftar paid story di wattpad

Wattpad itu memanjakan pembaca sekali. Tapi tidak memanjakan penulis. Yang penulis didapatkan paling cuma kepopuleran dan jika beruntung penerbit akan melirik karyamu untuk dibukukan. Jika tidak beruntung? Ya, karyamu hanya jadi sebatas karya saja.

Namun untungnya sekarang Wattpad mulai sadar diri, kalau terlalu mengedepankan slogannya, “Baca novel gratis”, ini hanya akan membuat penulis yang tujuannya mencari nafkah, lari dan kabur ke platform yang lain. 

Dengan kemunculan paid stories, sekarang penulis bisa mendapatkan penghasilan dari tulisan yang diterbitkan. Kalau begitu, kira-kira bagaimana cara membuat paid story di Wattpad? Sudahkah kamu tahu caranya?

Cara Membuat Paid Story di Wattpad

Jadi gini, buat bikin ceritamu di-paid story-kan, kamu harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan Wattpad dahulu. Jika sudah memenuhi syarat, kamu akan diundang Wattpad sendiri untuk membuat ceritamu jadi berbayar. 

Begitulah informasi yang saya dapatkan mengenai cara daftar paid story di Wattpad. Jadi kamu gak bisa daftar sendiri, harus nunggu diundang dulu. Supaya kamu diundang, kamu harus memenuhi syarat mereka:

Penuhi Syarat Anggota yang Ingin Daftar Paid Story Wattpad:

  1. Memiliki 2 karya yang sudah tamat dengan panjang 50.000 kata. Ini syarat wajib, harus punya 2 karya dulu biar karyamu yang lain bisa jadi berbayar bagi orang lain

  2. Penulis rajin update minimal 3 bulan lalu

  3. Login di Wattpad minimal 60 hari yang lalu

  4. Punya karya baru dalam satu tahun terakhir dan aktif berinteraksi di dunia Wattpad

Setelah 5 syarat ini kamu penuhi, kemudian kita masuk ke syarat karya yang ingin kamu jadikan berbayar.

Syarat Karya yang Ingin Kamu Jadikan Paid Story:

  1. Minimal punya 50.000 ribu kata, dan sudah tamat, baik itu ceritanya tamat dalam kondisi terpublish atau masih tersimpan di draft

  2. Genre cerita tidak dibatasi, boleh fanfic, puisi, non fiksi, klasik atau cerita random

  3. Cerita iti milikmu sendiri

  4. Tidak ada batasan minimal pembaca yang diperlukan. Yang penting karya sudah tamat dan minimal terdiri dari 50.000 kata

Setelah memenuhi semua syarat di atas, selanjutnya tinggal menunggu diundang. 

Setelah mendapatkan undangan khusus, kamu diminta mengisi formulir yang Wattpad kirimkan. Isi formulir itu dengan memasukkan:

  • Username Wattpad kamu

  • Judul cerita

  • Link web yang menuju ke story kamu

  • Conteng pilihan siapa yang mengajakmu membuat cerita paid stories. Apakah diajak oleh undangan umum, pilihan editor atau brand campaign consideration

Cara ini saya tulis pada tanggal 7 Maret 2022. Tidak tahu dengan peraturan di masa depan. Bisa jadi berubah bisa jadi tetap mempertahankan sistem seperti ini.

Cara daftar cerita Wattpad menjadi paid stories menurut saya susah. Bagaimana menurut kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *